Surat Penenang Hati yang Terdapat dalam Al-Qur'an

loading...
Surat Penenang Hati yang Terdapat dalam Al-Quran
surat dan ayat dalam Al-Quran ini bisa menjadi penawar atau obat, serta bisa diamalkan untuk menenangkan hati dan menyembuhkan fisik dan psikis yang sedang tak tenang. Foto ilustrasi/ist
Ada banyak surat penenang hati dalam Al-Qur'an yang bisa kita amalkan ketika sedang gelisah dan resah . Bahkan, Al-Qur'an juga banyak mengungkap kiat-kiat agar manusia hatinya tenang dan tentram. Selain itu, surat dan ayat dalam Al-Qur'an ini bisa menjadi penawar atau obat, sebagaimana yang disampaikan Allah Subhanahu wa ta'ala dalam firmanNya:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الۡـقُرۡاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۙ وَلَا يَزِيۡدُ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا خَسَارًا‏

"Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur;an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS. Al Isra: 82)

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Mencukur Bulu Bagi Muslimah

Dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat dalam Al-Qur'an, beberapa di antaranya bisa dibaca sebagai penenang hati. Dalam buku yang berjudul “Al-Qur`an The Healing Book”, karya Ir. Abduldaem Al-Kaheel, dijelaskan beberapa surat Al-Qur'an yang bisa dibaca untuk menenangkan hati dan menyembuhkan fisik dan psikis yang sedang tak tenang. Berikut di antaranya:

1. Surat Alfatihah

Surat Alfatihah adalah pembuka dari kitab suci Al Qur'an. Surat ini memiliki banyak keutamaan atau fadilah. Surah yang memiliki banyak keistimewaan ini disebut juga sebagai Ummul Qur’an.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Al Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Gunakan surat ini untuk menenangkan hati. Bacalah 7x ketika hati sedang tak tenang dan gundah. Dengan izin Allah SWT, surat ini bisa membantu membuat hati menjadi tenteram dan kembali tenang.

Baca juga: Hukum Mendoakan Keburukan
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَوۡ اَنَّ اَهۡلَ الۡقُرٰٓى اٰمَنُوۡا وَاتَّقَوۡا لَـفَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَالۡاَرۡضِ وَلٰـكِنۡ كَذَّبُوۡا فَاَخَذۡنٰهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏
Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan ayat-ayat Kami, maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Al-A’raf:96)
cover bottom ayah
preload video