Brunei Bebas Corona (4): Selain Hidupkan Al-Qur'an, Juga Lakukan 11 Hal Ini

loading...
Brunei Bebas Corona (4): Selain Hidupkan Al-Quran, Juga Lakukan 11 Hal Ini
Perdana Menteri Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah sesaat sebelum menyampaikan titahnya di depan rakyat dan pihak kerajaan baru-baru ini. Foto/dok Channel erikiqbalnh
Sudah setahun lebih Brunei Darussalam bebas dari ancaman wabah Corona (Covid-19). Selain menghidupkan Al-Qur'an, Negara yang menerapkan hukum Islam ini juga melakukan 11 langkah pencegahan super ketat.

Brunei dilaporkan tidak mempunyai kasus baru Covid-19 selama setahun. Negara berpopulasi 450.000 penduduk itu pertama kali melaporkan kasus Covid-19 pada 9 Mei 2020 lalu.

Baca Juga: Brunei Bebas Corona (1): Masya Allah Ternyata Ini Rahasianya

Seperti diberitakan, Perdana Menteri Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah mewajibkan warganya membaca Al-Qur'an sebagai perisai terhadap ancaman wabah Covid-19. Dalam titahnya, Sultan Hassanal Bolkiah mengatakan, jika Al-Qur'an terus dibaca maka tidak diragukan lagi negara akan mendapat berkah dan disinari oleh cahaya.

"Semua generasi baik yang ada saat ini maupun yang akan lahir di hari kemudian adalah generasi yang akan mendawamkan (melazimkan) baca Al-Qur'an," tegasnya.

Selain mendawamkan Al-Qur'an, Brunei juga menerapkan kebijakan dengan memperketat kunjungan warga negara asing. Sejak 15 September 2020, warga negara asing diizinkan masuk ke Brunei untuk perjalanan bisnis penting dan pertimbangan lain.

Namun, pengunjung yang tiba di Brunei harus dengan persetujuan dan dokumentasi yang sesuai dari pemerintah Brunei). Pengunjung asing akan diminta menjalani masa isolasi diri minimal 2 hingga 14 hari di pusat pemantauan yang ditunjuk pemerintah Brunei.
Brunei Bebas Corona (4): Selain Hidupkan Al-Qur'an, Juga Lakukan 11 Hal Ini

Berikut 11 langkah pencegahan Covid-19 yang dilakukan Brunei Darussalam seperti dilansir dari laman www.mtic.gov.bn:

1. Pembangunan Gedung Pusat Isolasi Nasional di Daerah Tutong untuk menampung pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk dipantau ketat.

2. Pembangunan gedung tambahan Laboratorium Rujukan Virologi Nasional di Kampung Sumbiling, Bandar Seri Begawan untuk meningkatkan kapasitas dan mempercepat proses pengujian laboratorium C0vid-19.

3. Penyediaan Pusat Pemantauan bagi orang asing, warga negara dan penduduk Brunei Darussalam yang masuk Brunei Darussalam dari luar negeri untuk melakukan karantina.
halaman ke-1
cover top ayah
لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا فِى الۡبِلَادِؕ
Jangan sekali-kali kamu teperdaya oleh kegiatan orang-orang kafir yang bergerak di seluruh negeri.

(QS. Ali 'Imran:196)
cover bottom ayah
preload video