Bacaan Sholawat Nabi Paling Utama Lengkap Latin dan Artinya

Rabu, 30 Juni 2021 - 18:09 WIB
loading...
Bacaan Sholawat Nabi Paling Utama Lengkap Latin dan Artinya
Keutamaan membaca sholawat satu kali akan mendapat sholawat dari Allah sebanyak 10 kali. Foto/Ist
A A A
Bacaan sholawat Nabi memiliki banyak kalimat mulai dari yang diajarkan Rasulullah SAW maupun yang disusun oleh sahabat maupun para ulama. Namun, sholawat nabi yang paling utama (afdhol) adalah yang kita baca setiap hari.

Seperti diterangkan dalam Hadis Nabi, di antara orang paling dekat kedudukannuya dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling banyak bersholawat kepada beliau. Bahkan sholawat adalah amalan yang ditekankan pada hari Jumat sebagaiman sabda beliau berikut:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti". (HR Al-Baihaqi)



Adapun bacaan sholawat Nabi paling utama sebagaimana diterangkan Imam Ahmad As-Shawi yang menyebutkan sebuah hadis riwayat Imam Al-Bukhari. Rasulullah SAW bersabda:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

"Barangsiapa yang membaca sholawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya."

Berikut Lafaznya:

للَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ


Allahumma sholli 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa Aali Sayyidina Muhammadin, Kamaa shollaita 'alaa Sayyidina Ibraahiima wa 'alaa Aali Sayyidina Ibrahiima, wa Baarik 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa Aali Sayyidina Muhammadin, Kamaa Baarakta 'alaa Sayyidina Ibraahima wa 'alaa Aali Sayyidina Ibraahima, Fil 'Aalamiina innaka hamiidun Majiid.

Artinya:
Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Sholawat di atas dikenal dengan istilah sholawat Ibrahimiyah. Siapa yang membaca sholawat Ibrahimiyyah ini sebanyak 1000 kali dalam satu malam, maka ia akan bermimpi bertemu Rasulullah صلى الله عليه وسلم minimal sekali dengan izin Allah.

Selain Sholawat Ibrahimiyah, ada juga bacaan sholawat singkat. Berikut Lafaznya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma Shollii wa Sallim 'alaa Nabiyyinaa Muhammad.

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad". (HR At-Thabrani)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)