Hati-hati Tipu Daya Setan Ini : Talbis dan Ghurur

Kamis, 08 Juli 2021 - 07:21 WIB
loading...
A A A
Maka dari itu langkah pertama untuk selamat dari setan adalah berilmu. Dengan itu kita dapat menjaga setiap perkataan dan perbuatan. Karena semuanya dilandasi dengan ilmu dan kita melihat segala sesuatu dengan kacamata ilmu. Tapi kalau dengan kacamata kejahilan, maka segala sesuatu bisa berubah.



Tolak ukur keberhasilan setan dalam menggoda manusia tergantung kepada peluang yang dimiliki oleh setan. Terkadang peluang itu memang diberikan oleh anak Adam tersendiri. Misalnya peluang kejahilan, iblis akan memiliki peluang lebih besar ketika hamba itu jahil. Dan iblis akan memiliki peluang lebih besar kepada orang yang berilmu yang ghaflah (lalai), yaitu dia tahu tapi dia melalaikannya.

Peluang-peluang ini akan mempermudah iblis untuk memperdaya anak Adam tersebut. Dia akan melihat peluang yang dimilikinya, semakin besar atau semakin kecil, semakin banyak atau semakin sedikit. Itu tergantung kepada ilmu yang dimiliki oleh anak Adam dan kewaspadaannya. Semakin berilmu dan waspada, maka akan semakin kecil peluang iblis untuk dapat memperdaya. Semakin jahil dan semakin lalai, maka akan semakin mudah iblis untuk memperdaya anak Adam tersebut.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2980 seconds (0.1#10.140)