Perpustakaan Islam Digital, Buah Karya Fenomenal KH Lutfi Fathullah

Selasa, 13 Juli 2021 - 15:10 WIB
loading...
Perpustakaan Islam Digital, Buah Karya Fenomenal KH Lutfi Fathullah
KH Ahmad Lutfi Fathullah, ulama kharismatik yang berkontribusi besar dalam membangun Perpustakaan Islam Digital. Foto/dok MUI
A A A
Indonesia patut berduka atas wafatnya salah satu ulama kharismatik sekaligus pendiri Pusat Studi Hadist Jakarta, KH Ahmad Lutfi Fathullah, Ahad (11/7/2021) di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Selain pakar dalam ilmu hadis, ulama yang menjabat Ketua Baznas DKI Jakarta ini dikenal sebagai sosok yang banyak berkontribusi dalam kemajuan Islam di Indonesia. Salah satu buah karya fenomenal KH Ahmad Lutfi Fathullah adalah Perpustakaan Islam Digital (PID) yang berisi 8.000 jilid (3600) judul kitab.

Baca Juga: Anies Sebut Kiai Lutfi Ahli Hadis dan Berwawasan Luas

Kitab-kitab ini sudah disusun berdasarkan subjek Keislaman. Kitab Islam digital ini sudah bisa dibaca dan didownload gratis di https://perpustakaanislamdigital.com/index.php/fp/.

Beliau dikagumi banyak orang karena memberikan sumbangsih besar dalam Perpustakaan Islam Digital. KH Lutfi Fathullah mengembangkan ilmu hadis dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana mempermudah orang lain mempelajari hadis dengan membuat aplikasi-aplikasi komputer dan smartphone.

Sekilas biografi KH Lutfi Fathullah, beliau merupakan cucu ulama kharismatik asal Betawi KH Mughni. Usai tamat bangku sekolah dasar, beliau melanjutkan pendidikan ke Pondok Gontor Ponorogo selama 6 tahun.

KH Lutfi Fathullah kemudian menempuh S1 di Damascus University, lalu Jordan University untuk S2 dan menyelesaikan S3 di Universitas Kebangsaan Malaysia. KH Lutfi aktif mengajar di beberapa Universitas seperti UI, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Jati, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Beberapa tokoh mengungkapkan duka citanya atas kepergian beliau. Di antaranya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut KH Ahmad Fathullah adalah seorang ahli hadis, seorang alim yang amat luas ilmunya. Anies juga memuji beliau sebagai seorang aktivis yang banyak membuat teroboson -terobosan yang luar bisa manfaatnya.

Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar, juga bersedih menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Pendiri Pusat Kajian Hadis Jakarta itu. KH Munahar mengatakan bahwa KH Lutfi adalah salah satu ulama Betawi ahli hadis yang santun dalam bertutur kata dan berbahasa.

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga merasa sangat kehilangan atas wafatnya ulama ahli hadis tersebut. Kepergian Kiyai Lutfi adalah kehilangan besar bagi kita semua. Kata Zulkifli, beliau adalah seorang ulama pejuang yang selalu memikirkan persoalan-persoalan umat dan bangsa.

Semoga almarhum bisa masuk dalam golongan orang yang meninggal secara syahid dan semoga Allah muliakan beliau di sisi-Nya. Al-Fatihah!

Baca Juga: KH Lutfi Fathullah Wafat, Zulhas: Indonesia Kehilangan Ulama Hadits Kaliber Dunia

Silahkan Dibuka:
https://perpustakaanislamdigital.com/index.php/fp/
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2678 seconds (11.252#12.26)