Ciri-ciri Orang Sukses Menurut Al-Qur'an

Minggu, 18 Juli 2021 - 19:51 WIB
loading...
A A A
Artinya kurang lebih begini: "Setiap orang yang secara serius terlibat dalam pencarian ilmu pengetahuan menjadi yakin bahwa sesuatu roh termanifestasi dalam hukum semesta, suatu roh yang jauh lebih unggul daripada manusia, dan roh yang dihadapkannya kita dengan kekuatan yang sederhana ini harus merasa rendah hati."

Bila sekelas Einstein saja bilang begitu, tampaknya orang-orang yang selama ini membela mati-matian kebenaran adalah sesuatu yang harus tampak perlu merevisi ulang kepercayaannya agar ia mendapatkan definisi sukses luar-dalam, dunia akhirat.

Setelah dimensi vertikal atau hablumminallah dimiliki, maka ciri kesuksesan atau keberuntungan selanjutnya dimensi horizontal yaitu mendirikan sholat dan bersedekah. Bagaimana relevansinya? Banyak. Sholat adalah sebuah ritual khusus paling utama dalam Islam, dimana di dalamnya setiap manusia yang sudah percaya hal gaib mampu terkoneksi dengan Allah melalui medium-medium rukuk dan sujud.

Dengan rukun sholat yang benar dan khusyu, seorang muslim dipastikan akan selalu memegang teguh ketakwaan, yaitu mengikuti perintah dan menjauhi larangannya. Kalau sudah begini, sholat seseorang sudah pasti berdampak secara baik kepada kehidupan sosialnya.

Jadi, bila ada muslim yang rajin sholat atau bahkan sedekah sekalipun tetapi masih melakukan maksiat, maka dapat dipastikan ada yang salah dalam ritual sholat dan sedekahnya. Entah itu pada niat, atau rukunnya yang tidak terpenuhi.
Demikianlah sedikit dari ciri-ciri kesuksesan seseorang yang dalam Qur'an digambarkan paling depan dan jelas, yaitu Surat Al-Baqarah ayat 1-5.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)