Ciri-ciri Orang Sukses Menurut Al-Qur'an

loading...
Ciri-ciri Orang Sukses Menurut Al-Quran
Muhammad Maruf Assyahid, jurnalis yang juga alumnus Ponpes Baitul Mustaqim Lampung Tengah. Foto/Ist
Muhammad Ma'ruf Assyahid
Jurnalis-Sufi,
Alumnus Ponpes Baitul Mustaqim Lampung Tengah,
Jamaah Thariqah Naqsyabandiyah Khalidiyah

Dalam Islam tidak ada yang pertama dan utama didamba setiap muslim yaitu bisa sangat dekat dengan Allah. Mereka-mereka ini adalah para kekasih Allah sehingga memiliki kedudukan yang tinggi di antara hamba-Nya.

Namanya juga kekasih atau orang dekat, maka semua permintaan akan dikabulkan, dan mendapatkan kenikmatan hidup baik di dunia maupun di akhirat kelak. Nah, bagaimana ciri-ciri wushul atau sukses dekat dengan Allah?

Baca Juga: 3 Kunci Sukses Dunia dan Akhirat

Al-Qur'an menempatkan ciri-ciri orang sukses atau yang sudah 'sampai' kepada Allah ini bahkan pada ayat-ayat pertama, yaitu: Al Baqarah Ayat 5, yang artinya "Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

Menurut Tafsir Jalalayn, orang yang mendapat petunjuk dan beruntung tersebut adalah mereka mereka yang mengimani lima hal yang disebutkan ayat sebelumnya. Yaitu, percaya kepada hal gaib, mendirikan sholat, bersedekah (Al-Baqarah ayat 3) dan mengimani Qur'an —termasuk kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya— serta percaya akan hari adanya hari akhirat (Al-Baqarah ayat 4).

Merekalah yang memenuhi sifat-sifat yang disebutkan di atas telah mendapat petunjuk dari Allah, dan merekalah orang-orang yang beruntung yang akan masuk surga dan terlepas dari siksa neraka.

Sementara Ibn Kathir pada sebagian tafsir atas ayat ini mengutip sebuah hadist bahwa pernah dikatakan kepada Rasulullah SAW : "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami tetap membaca Al-Qur'an, lalu kami berdoa, dan kami tetap membaca Al-Qur'an hingga hampir saja kami berputus asa."

Maka Nabi bersabda: "Maukah kalian aku beritakan tentang penduduk surga dan penduduk neraka?" Mereka menjawab: "Tentu saja kami mau, wahai Rasulullah." Nabi membacakan firman-Nya: "Alif Lam Mim. Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan pada-nya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa."

Sampai dengan firman-Nya: "Orang-orang yang beruntung."Kemudian Nabi bersabda: "Mereka adalah penduduk surga." Mereka (para sahabat) berkata: "Sesungguhnya kami berharap semoga diri kami termasuk dari mereka."
halaman ke-1
cover top ayah
وَّاسۡتَغۡفِرِ اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا‌
Mohonkanlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. An-Nisa:106)
cover bottom ayah
preload video