5 Amalan Sunnah Bagi Muslimah di Hari Raya Idul Adha

Senin, 19 Juli 2021 - 17:32 WIB
loading...
5 Amalan Sunnah Bagi Muslimah di Hari Raya Idul Adha
ilustrasi. Foto istimewa
A A A
Besok (Selasa/20 Juli) umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha . Meski dalam kondisi pandemi , pelaksanaan sholat Ied tetap dianjurkan. Bahkan perempuan yang sedang haid pun, juga diperintahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam supaya hadir dalam pelaksanaan sholat Ied , walau saat ini kondisinya dilakukan di rumah masing-masing.



Dalam kitab 'Fiqih Sunnah untuk Wanita', Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim menjelaskan, ada beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan perempuan pada hari raya tersebut. Sebuah hadis meriwayatkan, dari Ummu 'Athiyyah radhiyalahu'anha menyatakan,

"Kami diperintahkan agar ikut sholat Ied, bahkan harus membawa serta gadis dan perempuan yang haid. Mereka ditempatkan di belakang jamaah, lalu mengikuti takbir yang diucapkan oleh kaum muslimin dan turut berdoa bersama mereka serta mengharapkan keberkahan dan kesucian hari tersebut," (HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

Dalam riwayat lain dinyatakan bahwa Ummu 'Athiyyah bertanya "Wahai Rasulullah, apakah tidak masalah jika seorang di antara kami yang tidak memiliki jilbab tidak ikut sholat Ied?" Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab, "Pakaikanlah kepadanya jilbab milik saudarinya lalu bawalah dia untuk menghadiri kebaikan dan ikut berdoa bersama kaum mukminin," (HR Bukhari)



Perempuan pun boleh ikut bertakbir, bahkan dianjurkan bertakbir di belakang jemaah laki-laki. Umat Islam sangat dianjurkan untuk mengumandangan takbir di saat malam Hari Raya Idul Adha. Takbiran ini bisa dilakukan saat terbenamnya matahari hingga pelaksanaan hari Raya Idul Adha dan berakhir di hari tasyrik pada waktu ashar (13 Dzulhijjah). Kumandang takbir ini menandakan ajakan untuk menyebut kebesaran Allah serta mengajak umat Islam lainnya melakukan hal yang sama.

Amalan lainnya yang dianjurkan dilakukan kaum perempuan, di antaranya :

1. Melaksanakan mandi sebelum sholat Idul Adha

Pelaksanaan mandi besar ini seperti pada mandi besar biasanya, hanya saja niatnya berbeda. Bukan saja Idul Fitri, Idul Adha pun menjadi hari raya umat Islam. Hal ini seperti yang disampaikan dalam hadis berikut :



Ali radhiyallahu'anhu pernah ditanya tentang kapan saja mandi yang disunnahkan. Ia menjwab," Pada hari jumat, hari wukuf di Arafah, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul adha," (Musnad Asy-Syafi'i no 114)

Juga hadis “Dari Nafi’, beliau mengatakan bahwa Ibnu Umar radliallahu ‘anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan”. (HR. Malik dan asy-Syafi’i dan sanadnya shahih)

2. Menggunakan pakaian terbaik untuk melaksanakan sholat Ied

Di hari raya besar Islam, umat Islam disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaiknya, khususnya saat akan melaksanakan salat Idul Adha. Pakaian terbaik bukan berarti pakaian baru dan mahal. Pakaian terbaik adalah pakaian yang paling bagus dari yang kita miliki. Karena sebaik-baiknya pakaian di hadapan Allah adalah pakaian “takwa”.



Hal ini seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist berikut, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya” (HR. Hakim)

Namun, bagi perempuan muslimah memakai pakaian terbaik ini tidak dengan tujuan tabarruj (bersolek) dan tidak memakai parfum atau wangi-wangian yang mengundang perhatian laki-laki.

3. Tidak makan sebelum Sholat Ied

Di hari raya Idul Adha, umat Islam disunnahkan untuk tidak makan terlebih dahulu dan segera makan setelah selesai salat Ied. Hal ini berbeda dengan salat Idul Fitri yang justru disunnahkan untuk makan terlebih dahulu. Jadi, pastikan sunnah ini bisa kita laksanakan dan jangan sampai lupa dilakukan saat setelah bangun tidur, mandi, dan menuju perjalanan sholat Idul Adha.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5803 seconds (0.1#10.140)