Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW

loading...
Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW
ilustrasi. Foto istimewa
Doa pelunas hutang banyak diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Salah satunya adalah doa ini, yang sangat dianjurkan untuk diamalkan bagi siapa saja yang terlilit hutang, mengalami kegundahan , ketakutan dan merasa diintimidasi orang lain.

Baca juga: Antara Rezeki dan Keimanan

Rasulullah menganjurkan membaca doanya pada pagi dan sore hari. Berikut lafadz doa tersebut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

"Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazani wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli wa a'udzu bika min ghalabatid daini waqahrir rijal."

Baca juga: Inilah Kisah-kisah Penting yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia).

Doa tersebut disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kepada salah satu sahabatnya dari Anshar yakni Abu Umamah. Suatu waktu, dikisahkan bahwa Abu Umamah tengah duduk termenung di masjid di luar waktu shalat dengan tatapan mata yang kosong jauh menerawang. Kemudian, tidak beberapa lama, Rasulullah SAW masuk ke dalam masjid dan menghampiri Abu Umamah.

Baca juga: Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?

Rasulullah bertanya, "Wahai Abu Umamah, aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat, apa yang terjadi denganmu?" Abu Umamah menjawab, "Ya Rasulullah, saat ini aku dalam kesulitan membayar hutang."
halaman ke-1
cover top ayah
وَالَّذِيۡنَ كَذَّبُوۡا بِاٰيٰتِنَا سَنَسۡتَدۡرِجُهُمۡ مِّنۡ حَيۡثُ لَا يَعۡلَمُوۡنَ
Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur menuju kebinasaan, dengan cara yang tidak mereka ketahui.

(QS. Al-A’raf:182)
cover bottom ayah
preload video