Tata Cara Tayamum Lengkap dengan Niatnya

Kamis, 22 Juli 2021 - 18:25 WIB
loading...
Tata Cara Tayamum Lengkap dengan Niatnya
Tayamum adalah pengganti wudhu yang tadinya menggunakan air bersih diganti tanah atau debu yang bersih. Foto/Ist
A A A
Berikut tata cara tayamum lengkap dengan lafaz niatnya. Tayamum adalah salah satu keistimewaan dan kekhususan bagi umat Islam.

Secara bahasa, tayamum artinya menyengajakan. Hal ini sesuai dengan ungkapan orang Arab yakni tayyamamtu asy syai'a yang maknanya qashadtuhu (saya menginginkannya).

Menurut terminologi syariat, tayamum adalah membasuh wajah dan kedua telapak tangan dengan menggunakan ash-sha’id suci yang menggantikan bersuci menggunakan air jika memang tidak bisa menggunakan air. Jelasnya tayamum adalah pengganti wudhu yang tadinya menggunakan air bersih diganti dengan menggunakan tanah atau debu yang bersih.

Berikut dalil Tayamum diabadikan dalam Surah Al-Maidah Ayat 6:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

Tata Cara Tayamum
1. Berniat yang ikhlas karena Allah Ta'ala. Bagi Mazhab Syafi'i boleh melafazkan niat untuk mengusir rasa waswas, akan tetapi amal niat tetap dalam hati.
2. Menepukkan debu yang suci dengan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali tepukan atau usapan.
3. Meniup kedua telapak tangan. (Hukumnya tidak wajib, sekadar boleh karena tujuannya untuk mengurangi debu yang menempel di tangan).
4. Mengusap muka dengan kedua tapak tangan.
5. Mengusap punggung tangan kanan dengan tangan kiri kemudian panggung tangan kiri dengan tangan kanan. Yang diusap adalah punggung telapak tangan sebagaimana dijelaskan dalam riwayat yang lain. (Shahih Al-Bukhari)

BacaanNiat

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

"Nawaitut Tayammuma li istibaahatish-sholati Lillahi Ta'ala"

Artinya:
Saya berniat Tayamum untuk diperbolehkannya Shalat karena Allah Ta’ala

Syarat untuk Tayamum
1. Debu tanah yang bersih
2. Tanah dalam berbagai warna seperti warnah merah atau hitam. Sekiranya bercampur pasir mesti mengandungi kandungan debu.
3. Tidak dikategorikan sebagai abu.
4. Suci dari najis.
5. Tidak musta'mal.
6. Tidak bercampur tepung atau kapur atau pasir yang tidak berdebu.

Fardhu Tayamum
1. Berniat untuk bersuci/bertayamum, kemudian meletakan kedua telapak tangan di atas debu untuk diusapkan ke muka.
2. Mengusap muka dengan telapak tangan dengan sekali usapan
3. Mengusap dua belah tangan hingga siku-siku dengan tanah atau debu dua kali

Sunnah Tayamum
1. Membaca basmalah (Bismillaahirrahmaanirrahiim)
2. Mendahulukan anggota yang kanan dari pada yang kiri
3. Menipiskan debu yang berada di telapak tangan sebelum diusapkan dengan cara meniup sedikit.

Baca Juga: Inilah Sebab Turunnya Perintah Tayammum, Simak Kisahnya
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)