Meneladani Ibrahim (2): Bantuan Malaikat Ditolak karena Kuatnya Tawakkal Beliau

loading...
Meneladani Ibrahim (2): Bantuan Malaikat Ditolak karena Kuatnya Tawakkal Beliau
Imam Shamsi Ali, Direktur/Imam Jamaica Muslim Center asal Indonesia. Foto/Ist
Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation,
Imam/Direktur Jamaica Muslim Center

Kita masih di seputar pengadilan Nabi Ibrahim 'alaihissalam oleh Raja Namrud. Pada bagian lalu disebutkan bahwa kelihaian Ibrahim dalam berargumentasi, tentu karena intelijensia dan skill komunikasi yang dimilikinya, menjadikan sang raja mengakui kesalahan.

Hanya saja pengakuan itu terselubung oleh keangkuhan kekuasaan. Sehingga pengakuan itu hanya pada kata hati yang memang tak akan pernah bisa diingkari oleh siapapun.

Baca Juga: Sejarah Kurban dan Kekayaan Nabi Ibrahim yang Mencapai 12.000 Ekor Ternak

Di situlah seperti pada lazimnya di berbagai tempat dan zaman. Ketika kekuasaan tersudutkan dalam intellectual exchange (perdebatan secara akal atau ilmu) maka yang akan dikedepankan adalah kekuatan atau kekerasan. Karenanya dengan amarah raja (zalim) itu berteriak: "Bakar dia (Ibrahim) dan tolonglah tuhan kalian." (Al-Anbiya: 68)

Pengikut setia raja itu mengumpulkan kayu bakar sebanyak-banyaknya. Dan api yang sangat besar (dahsyat) pun disiapkan. Konon kabarnya, saking besar ya dan panasnya api itu, tak seorangpun yang bisa mendekatinya. Maka untuk memasukkan Ibrahim ke onggokan api itu mereka harus menembakkannya melalui sebuah katapel.

Di sinilah kemudian sekali lagi Allah menguji ketahanan iman seorang hambaNya. Di saat-saat akan ditembakkan ke dalam api itu, Malaikat-malaikat dari langit berbaris menawarkan bantuannya. Tapi Ibrahim menolak tawaran mereka. Justru di saat-saat kritis itu Ibrahim sepenuhnya hanya berserah diri (tawakkal) kepada Yang Maha menguasai langit dan bumi.

Kekuatan iman itu bersambut. Allah tiba-tiba memerintahkan api itu untuk berubah dari panas yang membakar menjadi dingin dan nyaman "spesial" bagi Nabi Ibrahim. Api berubah tabiat dari panas dan membakar menjadi dingin dan menyenangkan bagi Ibrahim.

Penggalan kisah ini mengajarkan banyak hal. Tapi tiga hal yang terpenting.

Pertama, betapa kekuasaan yang tidak adil itu sangat rapuh dan kerap kali terbangun di atas irrasionalitas. Dan kekuasaan yang rapuh itu jika tersudutkan akan berubah menjadi ganas, bahkan kekerasan. Tabiat kekuasaan seperti ini selalu berulang dari masa ke masa dalam sejarah manusia.

Kedua, bahwa ada masa-masa dalam hidup ini di mana manusia tidak lagi memiliki daya apa-apa. Walaupun pada keadaan apapun dan bagaimanapun manusia sejatinya memang lemah dan serba terbatas. Tapi di saat-saat terdesak seperti ketika Ibrahim akan dilempar ke dalam api itu, manusia akan lebih tersadarkan akan “kemutlakan” Kuasa Allah dalam hidupnya.

Itulah yang disadari Nabi Ibrahim sehingga kepada Malaikat pun beliau tegaskan tidak memerlukan pertolongannya. Tapi dari Allah semata. Dan itu pula sebuah penegasan yang orang-orang beriman ikrarkan setiap hari: "KepadaMu (semata) kami menyembah dan dariMu (semata) kami memohon pertolongan." (Surah Al-Fatihah)

Ketiga, keikhlasan (kemurnian) dalam akidah menjadi jalan luas yang terbuka bagi pertolongan Allah. Dan pertolongan itu wujudnya kerap berbalik dari realita pemahaman (beyond comprehension) manusia. Api bisa berubah jadi tempat yang dingin/sejuk dan nyaman jika Allah berkehendak.

Bagi kami, komunitas Muslim di Amerika hal seperti ini menjadi motivasi dalam langkah perjuangan dakwah. Bagaimana peristiwa 9/11 di tahun 2001 misalnya dianggap kuburan bagi Islam dan dakwah di Amerika. Tapi Allah membalik realita itu justeru menjadi pintu bagi Dakwah dan perkembangan Islam.

AkuPergi ke Tuhanku
Setelah peristiwa ini berlalu, Nabi Ibrahim kemudian harus meninggalkan tanah kelahirannya. Tentu itulah memang kehendak Allah. Selain karena di daerah itu memang tidak lagi kondusif untuk berdakwah, juga ancaman bagi Ibrahim sangat besar.

Dalam Al-Qur'an disebutkan Ibrahim mengatakan: "Sesungguhnya aku pergi kepada Tuhanku." (QS Shoffat: 99)

"Aku pergi ke Tuhanku" ini barangkali sebuah penggambaran urgensi hijrah dalam kerangka dakwah. Artinya, Dakwah itu menuntut pergerakan (harokah) sebagai esensi hijrah. Maka Ibrahim dalam melanjutkan perjuangan dakwahnya harus pindah dari Babylon menuju Kota Jerusalem.

Proses perpindahan ini pun memerlukan perjuangan yang penuh tantangan. Mulai dari Perjalanan yang penuh tantangan dan bahaya. Sampai-sampai isteri tercinta beliau, Sarah, hampir direbut oleh seorang raja di sebuah perbatasan negeri. Konon kabarnya raja ini memiliki mentalitas aneh. Senangnya merebut wanita yang sudah bersuamikan.

Singkat cerita, Allah selalu berada di pihak hambaNya yang beriman. Sarah selamat. Bahkan sang raja itu terkagum kepada Ibrahim maka dia memberinya seorang budak sebagai hadiah. Itulah Hajar yang menurut sebagian riwayat beliau adalah seorang wanita yang bertipe Afrika.

Sebuah pelajaran penting sekali lagi. Bahwa betapa Allah pasti memberikan yang terbaik ketika hambaNya tegar menghadapi tantangan-tantangan yang ada, tiada goyah dalam keimanan. Ibrahim yang awalnya isterinya akan direbut, justeru berakhir dengan mendapatkan wanita yang menjadi isterinya di belakang hari.
halaman ke-1
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيًا يُّنَادِىۡ لِلۡاِيۡمَانِ اَنۡ اٰمِنُوۡا بِرَبِّكُمۡ فَاٰمَنَّا  ۖرَبَّنَا فَاغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الۡاَبۡرَارِ‌ۚ
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,” maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.

(QS. Ali 'Imran:193)
cover bottom ayah
preload video