Sedekah Ekstrim, Sedekah yang Dibalas Pahala Allah dengan Ekstrem Pula

Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:05 WIB
loading...
Sedekah Ekstrim, Sedekah yang Dibalas Pahala Allah dengan Ekstrem Pula
Sedekah ekstrim yang kita miliki dengan keyakinan akan mendapat balasan langsung yang ekstrim pula, telah dijanjikan Allah dalam Al Quran yaitu balasan dengan beberapa kali lipat. ilustrasi/ Istimewa
A A A
Sedekah ekstrim atau sedekah dengan harta terbaik yang kita miliki dengan keyakinan akan mendapat balasan langsung yang ekstrim pula, telah dijanjikan Allah dalam Al Qur'an yaitu balasan dengan beberapa kali lipat. Seperti diketahui, sedekah memiliki fadhilah yang luar biasa, salah satunya Allah dimudahkan dalam perihal rezeki serta kemudahan hidup.



Allah Ta’ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (QS Al Baqarah : 261)



Dirangkum dari beberapa sumber, ayat di atas boleh jadi menginspirasi amalan sedekah ekstrem ini. Dalam ayat ini kita disuruh menyedekahkan harta kita yang terbaik. Ayat ini juga Allah secara jelas menyebut perhitungan matematis saat kita mengeluarkan harta untuk sedekah. Jika menurut perhitungan matematis itu berarti sedekah kita akan dibalas hingga 700 kali lipat, kemudian di akhir ayat Allah menekankan akan membalas sedekah itu dengan bagi siapa yang dikehendakinya.



"Saat kita melakukan sedekah secara ekstrem maka balasan yang akan kita terima pasti secara ekstrem juga. Bahkan terkadang balasan itu tidak masuk akal datangnya. Bener loh... Kesimpulan saya ini berdasarkan beberapa artikel kisah nyata tentang sedekah di blog saya; sedekah nekat atau keajaiban sedekah dan berbagai pengalaman langsung yang saya rasakan,"ungkap Ustadz Yusuf Mansur dalam laman blognya.

Menurut pimpinan Pondok Darul Qur'an ini, sedekah ekstrem adalah sedekah dengan harta terbaik dan dengan keyakinan yang tinggi akan janji yang langsung diberikan Allah dalam Al Qur’an. Pelaku sedekah ekstrem sangat yakin berapa pun harta yang dikeluarkan pasti akan dibalas langsung oleh Allah, sesuai dengan janji Allah di Al Qur’an; yaitu kelipatan 10 sampai ratusan kali lipat.

Dalam ayat ini, Allah Ta'ala juga menegaskan tentang sedekah terbaik:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَنۡفِقُوۡا مِنۡ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبۡتُمۡ وَمِمَّاۤ اَخۡرَجۡنَا لَـكُمۡ مِّنَ الۡاَرۡضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الۡخَبِيۡثَ مِنۡهُ تُنۡفِقُوۡنَ وَلَسۡتُمۡ بِاٰخِذِيۡهِ اِلَّاۤ اَنۡ تُغۡمِضُوۡا فِيۡهِ‌ؕ وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّ اللّٰهَ غَنِىٌّ حَمِيۡدٌ

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian darihasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” (QS Al Baqarah; 267).



Menurut Ustadz Yusuf Mansur, ayat ini pun ada hubungannya dengan sedekah ekstrem. Kita disuruh menyedekahkan harta kita yang terbaik. Kemudian kita juga dilarang memberikan sedekah kita dengan harta yang kita anggap remeh atau kita sendiri tidak membutuhkannya.

"Allah adalah Maha Menepati janji, dan apa yang tertulis di Al Qur’an adalah apa yang langsung diserukan Allah kepada umatnya. Adalah sebuah kerugian besar jika kita tidak yakin akan perkataan langsung Allah tersebut. Coba anda baca dan renungkan apa yang langsung diserukan Allah tentang sedekah di ayat tadi,"tutur ustadz yang akrab disapa UYM tersebut.

Allah menjanjikan bagi siapa saja yang mau bersedekah, maka allah akan memeliharanya dari segala bentuk kekhawatiran dan segala bentuk kesedihan.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)