Doa-doa agar Diberi Kesehatan dan Nikmat Sehat

Selasa, 24 Agustus 2021 - 19:36 WIB
loading...
Doa-doa agar Diberi Kesehatan dan Nikmat Sehat
ilustrasi. Foto istimewa
A A A
Nikmat sehat seringkali terabaikan. Baru ketika sakit, kita ingat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan berusaha mendekatkan diri kepada-Nya. Sehat sendiri sangat erat hubungannya dengan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa, dan lingkungan sekitarnya. Lingkungan itu dapat berupa udara segar, sinar matahari, bekerja, istirahat, tidur, santai, kebersihan serta pikiran, kebiasaan dan gaya hidup yang baik.



Namun untuk mendukung sehat ini, kita pun perlu memanjatkan doa agar selalu diberi nikmat sehat ini. Dan dengan berdoa kita akan terhindar dari kufur nikmat.

Doa yang paling umum agar diberi nikmat sehat adalah :

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta.

Artinya: “Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah, sehatkanlah pengelihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.”



Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali di pagi dan petang. Hal ini dianjurkan seperti pada hadis berikut: Dari Abdurrahman bin Abi Bakrah, dia berkata,

“Saya mendengar bapakku berdoa dengan doa ini: ‘Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta’, setiap pagi dan petang. Kemudian dia berkata, ‘Wahai Anakku, saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam berdoa dengan doa ini dan saya senang untuk mengikuti kebiasaannya.”

Bacaan di atas sebenarnya juga termasuk dalam rangkaian bacaan Al Ma’tsurat yang disusun oleh Hasan Al Bana. Al Ma’tsurat biasa dibaca pada pagi dan petang hari. Selain itu, ada beberapa doa yang dapat kita amalkan berkaitan dengan kesehatan ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa-doa yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu:



1. Doa agar sehat dan diberi umur panjang

Memilki harta kekayaan yang banyak, kemudian memiliki keturunan yang banyak serta memiliki umur panjang adalah impian setiap umat manusia. Apalagi bisa memanfaatkan harta dan umurnya yang panjang untuk beribadah dijalan Allah, maka akan sangat bermanfaat hidupnya. Panjatkanlah doa agar senantiasa diberi kesehatan dan umur panjang oleh Allah.

Bacaan doa agar sehat dan diberi umur panjang:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Artinya :

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku, dan berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepadaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskalah amalanku dan ampunilah dosa-dosaku”.



Memiliki umur yang panjang dan tetap sehat adalah keinginan semua orang. Tapi jelas bahwa umur seseorang memilki batasan yang telah ditentukan oleh Allah. Meskipun begitu tetap saja Anda dianjurkan untuk berdoa agar diberi kesehatan serta diberi umur yang panjang.unutk itu Anda bisa mengamalkan doa tersebut.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4368 seconds (0.1#10.140)