2 Waktu Paling Utama Saat Berdoa

Selasa, 14 September 2021 - 20:29 WIB
loading...
A A A
Imam Ja'far Ash Shadiq radhiyallahu 'anhu -salah satu guru Imam Abu Hanifah dan ulama Ahlus Sunnah yang dicaplok oleh Syiah sebagai Imam mereka- berkata:

الدعاء بعد المكتوبة أفضل من الدعاء بعد النافلة كفضل المكتوبة على النافلة

"Berdoa setelah sholat wajib lebih utama dibanding berdoa setelah shalat nafilah, sebagaimana kelebihan shalat wajib atas sholat nafilah." (Fathul Bari, 11/134. Tuhfah Al Ahwadzi, 2/197. Syarh Shahih Bukhari, 10/94)

Sementara Syekh Abdurrahman Al-Mubarakfuri juga mengatakan: "Tidak ragu lagi, kepastian adanya berdoa setelah selesai shalat wajib dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam baik secara ucapan atau perbuatan. Al Hafizh Ibnul Qayyim telah menyebutkan juga dalam Zaadul Ma'ad ketika dia berkata dalam pasal: Apa-apa saja yang Rasulullah ucapkan setelah selesai sholat. Demikian bunyinya: Abu Hatim telah menyebutkan dalam Shahih-nya, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata setelah selesai shalatnya: "Ya Allah, perbaikilah bagiku agamaku yang telah menjaga urusanku, dan perbaikilah bagiku duniaku yang aku hidup di dalamnya." (Tuhfah Al-Ahwadzi, 2/197)

Imam Badruddin Al-'Aini juga mengatakan:

واستحباب المواظبة على الدعاء المذكور عقيب كل صلاةٍ

"Dan disunnahkan menekuni doa dengan doa tersebut pada setiap selesai shalat." (Imam Al-'Aini, Syarh Sunan Abi Daud, 5/433. Maktabah Ar-Rusyd)
I

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)