Dzikir Pendek Ini Menyamai Amalan Bakda Subuh, Cocok untuk Para Istri

loading...
Dzikir Pendek Ini Menyamai Amalan Bakda Subuh, Cocok untuk Para Istri
Inilah dzikir istimewa di pagi hari yang menyamai amalan wirid bakda Shubuh. Foto/Ist
Berdzikir selain menjadi obat bagi qolbu juga dapat mendatangkan pahala dan ridho Allah. Umat mukmin diperintahkan untuk memperbanyak berdzikir baik pada waktu pagi maupun petang.

Ada satu dzikir istimewa yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam untuk dihidupkan pada waktu pagi. Dzikir ini timbangannya menyamai amalan wirid Subuh hingga masuknya Dhuha. Dalam kata lain, zikir ini mengalahkan orang yang berzikir lama setelah sholat shubuh.

Dari Ummul Mu'minin Juwairiyyah radhiyallahu 'anha binti Al-Harits, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah keluar dari sisinya pada pagi hari setelah shalat Shubuh, sedangkan Juwairiyyah berada di tempat shalatnya.

Setelah itu, beliau pulang setelah tiba waktu Dhuha sedangkan Juwairiyyah masih dalam keadaan duduk. Lalu Nabi bertanya: "Apakah engkau tetap dalam keadaan ketika aku tinggalkan?" Ia menjawab, "Ya."

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sungguh, aku telah mengucapkan setelahmu empat kalimat sebanyak tiga kali, yang jika ditimbang dengan yang engkau ucapkan sejak tadi tentu akan menyamai timbangannya yaitu: "SUBHAANALLOHI WA BI-HAMDIH, 'ADADA KHOLQIHI, WA RIDHOO NAFSIHI, WA ZINATA 'ARSYIHI, WA MIDAADA KALIMAATIH. (Mahasuci Allah, aku memuji-Nya sebanyak makhluk-Nya, sejauh kerelaan-Nya, seberat timbangan 'Arsy-Nya, dan sebanyak tinta tulisan kalimat-Nya)." (HR Muslim No 2726)

Berikut Lafaz Dzikirnya:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقَهِ وَرِضَى نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallahi wa Bihamdihi 'Adada Khalqihi wa Ridha Nafsihi wa Zinata 'Arsyihi wa Midaada Kalimaatih

Artinya:
Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, sebanyak hitungan makhluk-Nya, menurut keridhoan-Nya, menurut arsy-Nya, dan sebanyak tinta kalimat-Nya" "Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya; sebanyak bilangan makhluk-Nya, serela diri-Nya, setimbangan 'arsy-Nya, dan sebanyak tinta (bagi) kata-kata-Nya." (HR Muslim)

Kalimat dzikir ini dibaca 3 kali setelah Sholat Subuh, maka kita akan mendapatkan fadhillah menyamai orang yang berzikir hingga Dhuha. Dzikir ini sangat cocok diamalkan kaum perempuan maupun laki-laki yang memiliki banyak aktivitas di pagi hari.

Baca Juga: Asal Usul Munculnya Bacaan Dzikir dan Perintah Mengucapkannya
(rhs)
cover top ayah
وَاِذَا مَسَّ الۡاِنۡسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۡۢبِهٖۤ اَوۡ قَاعِدًا اَوۡ قَآٮِٕمًا ۚ فَلَمَّا كَشَفۡنَا عَنۡهُ ضُرَّهٗ مَرَّ كَاَنۡ لَّمۡ يَدۡعُنَاۤ اِلٰى ضُرٍّ مَّسَّهٗ‌ؕ كَذٰلِكَ زُيِّنَ لِلۡمُسۡرِفِيۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
Apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali ke jalan yang sesat, seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk menghilangkan bahaya yang telah menimpanya. Begitulah, orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang mereka kerjakan.

(QS. Yunus:12)
cover bottom ayah
preload video