5 Golongan Manusia yang Terbebas dari Azab Kubur

Senin, 27 September 2021 - 22:17 WIB
loading...
5 Golongan Manusia yang Terbebas dari Azab Kubur
Siapa yang beramal baik ketika di dunia akan diberi rahmat oleh Allah dan mendapat nikmat di alam kubur. Foto/dok saujana.my
A A A
Setiap yang bernyawa di muka bumi pasti akan merasakan maut (kematian). Dalam perspektif Islam, setelah seorang meninggal dunia ia akan menunggu hari Kiamat di alam kubur.

Alam kubur merupakan tempat singgah antara kehidupan dunia dan Akhirat. Bagaimana nasib mereka di alam kubur akan berbanding lurus dengan amalannya semasa di dunia.



Jika di dunia ia beramal baik akan diberi rahmat oleh Allah dan memperoleh nikmat di alam kubur. Sebaliknya, manusia yang lalai dan tidak beriman akan mendapatkan siksa kubur.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang azab kubur. "Wahai manusia, berlindunglah kalian dari siksa (azab) kubur, sesungguhnya azab kubur itu benar adanya." (HR Ahmad)

Dai yang dijuluki Ustaz Akhir Zaman, Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA) menyebutkan ada lima golongan orang yang terbebas dari siksa kubur. Dilansir dari kanal IG-nya, beliau menukil beberapa riwayat Hadis dimana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengabarkan golongan orang yang terbebas dari siksa kubur, di antaranya:

1. Orang yang Syahid di Jalan Allah
Suatu ketika ada sahabat yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, "Ya Rasulullah, mengapa kaum mukmin diuji (ditanya) di dalam kuburnya kecuali orang syahid? Rasulullah menjawab: "Cukuplah kilatan pedang kepadanya sebagai ujian baginya". (HR An-Nasa'i)

2. Orang yang Ribath di Jalan Allah
Dari Salman radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Menjaga perbatasan sehari semalam lebih baik daripada puasa sebulan dan dengan melaksanakan sholat pada malam harinya. Dan jika meninggal (orang yang menjaga perbatasan itu) maka dialirkan padanya pahala amalanya yang dikerjakannya, dan dialirkan pula rezeki padanya dan terjaga dari fitnah." (HR Muslim)

3. Orang yang Meninggal pada Hari Jumat
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang mukmin meninggal dunia pada Hari Jumat melainkan dia akan diselamatkan dari fitnah (ujian) kubur." (HR Ahmad dan at-Tirmidzi)

4. Orang yang Meninggal Karena Sakit Perut
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang meninggal karena sakit perut maka dia tidak akan disiksa dalam kuburnya." (HR An-Nasa'i dan at-Tirmidzi)

5. Orang yang Hafal Surat Al-Mulk dan Istiqamah Membacanya
Dari Ibnu Abbas, ada seorang sahabat Rasulullah yang membuat tenda dekat kuburan. Ia tak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan. Sahabat itu kemudian menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan seseorang, tiba-tiba dia mendengar dari dalam kubur itu bacaan Surat Al-Mulk hingga khatam. Rasulullah pun bersabda: "Itu (Surat Al-Mulk) adalah penangkal penyelamat yang menyelamatkan pembacanya dari azab kubur".

Demikian lima golongan orang yang terbebas dari azab kubur berdasarkan Hadis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Semoga Allah dengan rahmat-Nya berkenan menyelamatkan kita di alam kubur dan saat hari penghisaban di Akhirat kelak. Aamiin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)