Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Ketika Doa Belum Juga Dikabulkan

Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:12 WIB
loading...
Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Ketika Doa Belum Juga Dikabulkan
Ketika doa belum dikabulkan kita harus mengevaluasi atau muhasabah diri. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Ketika berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kita berharap Allah segera mengabulkannya. Namun pada kenyataannya tidak demikian, pasti ada yang tidak dikabulkan. "Yang terjadi, sebagian dari kita selalu memikirkan dan mengeluh karena tidak terkabulnya doa kita, malah tidak memikirkan kenapa doa kita tidak terkabul atau ada sesuatu yang menghalangi doa kita,"ungkap KH Abdullah Gymnastiar dalam salah satu tausiyahnya baru-baru ini.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid ini menjelaskan, seharusnya ketika doa belum dikabulkan kita harus mengevaluasi diri. Mulai dari shalat kita apakah sudah benar atau belum, apakah kita sudah benar-benar menjauhi maksiat, makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia mendapatkan perlengkapan hidup yang haram dan apakah kita sudah bertaubat dengan taubatan nasuha kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.



"Jika belum maka dekatkan diri kepada Allah, beristigfar dan berdzikir kepadanya, sehingga kita menjadi orang yang bermanfaat dan menebar manfaat lillahi ta’ala,"papar Aa Gym , sapaan akrabnya.

Dua contoh di antaranya, pertama adalah orang yang sombong sangat tidak disukai oleh Allah Ta’ala, bila doa-doa yang didengar berisi nada kesombongan. Lewat hadis Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan, “Apabila kamu berdo’a, janganlah berkata, Ya Allah, ampunilah aku kalau Engkau menghendaki, rahmatilah aku kalau Engkau kehendaki dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki.”

Kedua, orang yang memutuskan silaturahim. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada beberapa kelompok dari umatku yang do’a nya tidak dikabulkan, diantaranya adalah orang yang berdo’a untuk memutuskan tali silaturahim.”

Salah satu yang perlu kita lakukan pada setiap do’a yang belum terkabulkan adalah berprasangka baik terhadap setiap keputusan yang Allah tetapkan, karena kita tidak mengetahui maksud dari takdir tersebut. Seorang muslim harus benar benar yakin bahwa setiap ketetapan Allah merupakan pemberian terbaik untuk hambanya.



Dalam surat Al-Baqarah ayat 216 Allah menyebutkan menyebutkan:
كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Karena itu, Aa Gym mengingatkan, jika belum terkabulnya doa-doa kita kepada Allah, bukan berarti Allah tidak peduli kepada kita. Tetapi boleh jadi dengan tidak diberikannya keinginan kita merupakan sesuatu hal yang lebih baik dibandingkan kita diberikan hal yang kita inginkan.

"Karena boleh jadi misalkan, ketika keinginan kita itu terkabul, kita malah akan mendapatkan suatu musibah, atau kita malah akan jadi jauh dengan Allah, naudzubillahi min dzalik. Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang terus berprasangka baik kepada Allah Ta’ala,"pungkas Aa Gym.



Wallahu A’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)