Buah dan Sayuran yang Disebut Dalam Al-Qur'an, Sebagian Tumbuh di Indonesia

Kamis, 21 Oktober 2021 - 05:10 WIB
loading...
Buah dan Sayuran yang Disebut Dalam Al-Quran, Sebagian Tumbuh di Indonesia
Buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Quran termasuk karunia besar Allah. Sebagian dari tanaman ini tumbuh di Indonesia. Foto/dok Channel See Gate
A A A
Bukti kekuasaan Allah dapat kita lihat dari banyaknya tanaman yang tumbuh di bumi dan bermanfaat bagi makhluk hidup. Dari banyak tanaman bumi, ada beberapa buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Qur'an. Sebagian tumbuh di Indonesia.

Apa saja buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Qur'an? Mari kita lihat satu persatu.

1. Kurma الرطب (Surat Maryam: 25)

Di dalam Al-Qur'an, buah ini disebut Ar-Rutthob dan banyak tumbuh di Timur Tengah. Kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad dan bangsa Arab. Buah ini dianggap sebagai makanan ideal karena mengandung nutrisi penting dan bermanfaat bagi kesehatan.

وَهُزِّىۡۤ اِلَيۡكِ بِجِذۡعِ النَّخۡلَةِ تُسٰقِطۡ عَلَيۡكِ رُطَبًا جَنِيًّا

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu." (QS Maryam: 25)

2. Pisang طلح ممدود (Surat Al-Waqi'ah: 29)

Dalam Bahasa Arab, buah pisang disebut dengan Mauzun. Sedangkan dalam Al-Qur'an menyebutnya dengan At-Talhim (pohon pisang). Buah ini banyak tumbuh di Indonesia dan menjadi salah satu buah populer bagi masyarakat di Tanah Air. Pisang memiliki khasiat membantu fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke karena kandungan kalium yang ada dalam buah ini.

وَّطَلۡحٍ مَّنۡضُوۡدٍۙ

"Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)." (QS Al-Waqi'ah Ayat 29)

3. Anggur العنب (Surat Al-Isra': 91)

Anggur, salah satu buah yang sering disebut dalam Al-Qur'an. Anggur ('inabun) termasuk buah yang disukai banyak orang. Buah ini juga banyak tumbuh di Indonesia.

فَاَنۡشَاۡنَا لَـكُمۡ بِهٖ جَنّٰتٍ مِّنۡ نَّخِيۡلٍ وَّ اَعۡنَابٍ‌ ۘ لَـكُمۡ فِيۡهَا فَوَاكِهُ كَثِيۡرَةٌ وَّمِنۡهَا تَاۡكُلُوۡنَ

"Lalu dengan (air) itu, Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur; di sana kamu memperoleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari (buah-buahan) itu kamu makan," (QS Al-Muminun Ayat 19)

4. Delima الرمان (Surat Al-An'am: 99)

Delima merupakan karunia besar Allah yang diabadikan dalam Surat Al-An'am Ayat 141. Buah Delima (Ar-Rumman) berasal dari Timur Tengah dan tersebar di daerah subtropik hingga tropis.

وَهُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡشَاَ جَنّٰتٍ مَّعۡرُوۡشٰتٍ وَّغَيۡرَ مَعۡرُوۡشٰتٍ وَّالنَّخۡلَ وَالزَّرۡعَ مُخۡتَلِفًا اُكُلُهٗ وَالزَّيۡتُوۡنَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَّغَيۡرَ مُتَشَابِهٍ

"Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya)." (QS Al-An'am Ayat 141)

5. Tin التين (Surat At-Atin: 1)

Buah Tin termasuk buah yang diberkahi dan tumbuh di bukit sekitar Damaskus, Siria. Di dalam Al-Qur'an, Allah bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini. Buah ini dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai.

وَالتِّيۡنِ وَالزَّيۡتُوۡنِۙ‏

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun". (Surat At-Tin Ayat 1)

6. Zaitun الزيتون (Surat An-Nahl: 11)

Buah Zaitun sangat populer di kalangan Islam karena sering disebut dalam Al-Qur'an. Buah ini mengingatkan kita tentang kisah Nabi Isa menerima wahyu. Banyak manfaat dari buah ini. Selain buahnya dapat dimakan, zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan dan minyaknya digunakan untuk bahan kosmetik.

يُنۡۢبِتُ لَـكُمۡ بِهِ الزَّرۡعَ وَالزَّيۡتُوۡنَ وَالنَّخِيۡلَ وَالۡاَعۡنَابَ وَمِنۡ كُلِّ الثَّمَرٰتِ‌ؕ

"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan." (QS. An-Nahl Ayat 11)

Adapun Sayuran yang Disebut dalam Al-Qur'an Antara Lain:

1. Labu اليقطين (Surat Ash-Shaffat: 146)

Dalam Qur'an, sayuran ini disebut dengan Yaqthin. Labu merupakan makanan segar, lezat, dan bergizi. Sayuran ini banyak tumbuh di Indonesia. Khasiat sayuran ini dapat menambah tenaga dan menyehatkan badan.

وَاَنۡۢبَتۡنَا عَلَيۡهِ شَجَرَةً مِّنۡ يَّقۡطِيۡنٍ‌ۚ

"Kemudian untuk dia Kami tumbuhkan sebatang pohon dari jenis labu." (QS Ash-Shaffat 146)

2. Jahe زَنۡجَبِيۡلً (Surah Al-Insan: 17)

Jahe atau Janzabil, salah satu jenis minuman yang dihidangkan di surga. Jahe tumbuh di daerah Timur Tengah dahulu kala. Biasanya digunakan untuk wangi-wangian dan disukai orang-orang Arab. Tanaman ini juga banyak tumbuh di Indonesia dan menjadi minuman favorit yang memiliki banyak khasiat.

وَيُسۡقَوۡنَ فِيۡهَا كَاۡسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنۡجَبِيۡلًا

"Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe." (QS Al-Insan Ayat 17)

3. Mentimun القثاء (QS Al-Baqarah: 61)
4. Bawang Putih الفوم (QS Al-Baqarah: 61)
5. Kacang Adas العدس (QS Al-Baqarah: 61)
6. Bawang Merah البصل (QS Al-Baqarah: 61)

Untuk keempat jenis sayuran ini diabadikan dalam satu ayat Al-Qur'an. Sayuran mentimun, bawang putih dan bawang merah merupakan sayuran yang biasa ditemukan di Indonesia. Sedangkan kacang adas termasuk jenis kacang yang banyak diolah dalam kuliner Timur Tengah.

Allah berfirman:

وَاِذۡ قُلۡتُمۡ يٰمُوۡسٰى لَنۡ نَّصۡبِرَ عَلٰى طَعَامٍ وَّاحِدٍ فَادۡعُ لَنَا رَبَّكَ يُخۡرِجۡ لَنَا مِمَّا تُنۡۢبِتُ الۡاَرۡضُ مِنۡۢ بَقۡلِهَا وَقِثَّـآٮِٕهَا وَفُوۡمِهَا وَعَدَسِهَا وَ بَصَلِهَا‌ؕ

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, "Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah...." (QS. Al-Baqarah Ayat 61)

Baca Juga: Inilah Makanan yang Disukai Rasulullah SAW (4)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)