Muhammad Ali Pasha (2): Penakluk Dinasti Saud sampai Ottoman

Minggu, 31 Oktober 2021 - 09:19 WIB
loading...
A A A


Merebut Wilayah Ottoman
Merasa diacuhkan, Muhammad Ali tidak bisa tinggal diam. Pada tanggal 31 Oktober 1831, di bawah Ibrahim Pasha, invasi Mesir ke Suriah dimulai.

Pasukan Mesir bergerak ke utara sambil menaklukkan satu per satu wilayah Ottoman yang dilaluinya, mulai dari wilayah-wilayah di Palestina, hingga ke Suriah. Halangan yang cukup berat terjadi hanya dalam pertempuran Arce (sekarang Israel) yang berlangsung dari 3 November 1831 sampai 27 Mei 1832.

Untuk membiayai keperluan logistik di front ini, Muhammad Ali mulai memeras dan melakukan tindakan represif kepada rakyatnya. Protes dan kerusuhan pun sempat terjadi di Mesir selama pertempuran. Tapi Muhammad Ali memilih melanjutkan ekspesidi militernya, dan berhasil.

Ottoman berhasil ditundukkan oleh Mesir pada Pertempuran Konya, 21 Desember 1832. Pasukan Ibrahim Pasha dengan gigih mengalahkan tentara Ottoman yang dipimpin oleh Wazir Agung (Sadrazam) Rasyid Pasha.

Keberhasilan Muhammad Ali Pasha melepaskan diri dari cengkraman kekuasaan Ottoman adalah satu tahap penting dalam sejarah Islam.

Dinasti Ottoman yang sudah berusia ratusan tahun ini, perlahan tapi pasti menuju masa kehancurannya. Sedangkan Mesir, di bawah kepemimpinan Muhammad Ali Pasha langsung melesat menjadi simbol kebangkitan peradaban Islam di era modern.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)