Kecerdasan Seorang Penggembala Kambing Saat Ditanya Orang Alim

Kamis, 04 Juni 2020 - 23:23 WIB
loading...
Kecerdasan Seorang Penggembala Kambing Saat Ditanya Orang Alim
Percakapan seorang penggembala kambing dengan orang alim mengajarkan kita tentang ilmu hikmah. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Ilmu merupakan cahaya yang mengantarkan seseorang menuju jalan benar yang diridhai Allah Ta'ala.

Keutamaan orang berilmu tidaklah sama dengan orang yang tidak berilmu . Hal ini sejalan dengan Hadis Nabi. "Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu , maka Allah Ta'ala akan memudahkan baginya jalan menuju surga". (HR Muslim).(Baca Juga: 7 Keuntungan Menuntut Ilmu Meskipun Tak Mampu Menghafal)

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda: "Keutamaan orang yang berilmu (yang mengamalkan ilmunya) atas orang yang ahli ibadah adalah seperti utamanya bulan di malam purnama atas semua bintang-bintang lainnya".

Dai lulusan Al-Azhar Ustaz Muchlis Al-Mughni menceritakan satu kisah penggembala kambing dengan seorang alim. Keduanya terlibat berdialog tentang ilmu.

Dikisahkan, seorang alim lewat di hadapan seorang penggembala kambing. Diapun berkata kepadanya, " Ilmu apa yang ada padamu wahai penggembala?"

Pengembala kambing itu pun menjawab: "Aku memiliki ilmu 5 kalimat dan mohon tambahan darimu agar ilmuku sempurna."(Baca Juga: Menuntut Ilmu Memang Sulit, Ini Nasehat Imam Al-Bukhari)

Orang alim itu berkata: "Coba sampaikan kepadaku 5 kalimat itu agar aku bisa berikan tambahannnya".

Penggembala menjawab: "Pertama, aku tidak akan menggunakan kebohongan selama kejujuran ada. Kedua, aku tidak akan menggunakan yang haram selama yang halal ada. Ketiga, aku tidak akan membicarakan aib orang lain selama aku sendiri memiliki aib. Keempat, aku tidak akan mendurhakai Allah selama Dia selalu melihatku. Kelima, aku tidak akan mengingkari satu nikmat pun karena Allah yang mencukupiku".

Mendengar penjelasan si penggembala kambing, orang alim itupun berkomentar: "Sungguh engkau telah menguasai ilmu orang-orang terdahulu dan terakhir. Mantapkanlah komitmenmu dengan 5 ilmu yang ada padamu itu dan aku tidak perlu lagi menambahkannya".

Dari Abu Umamah radhiyallahu'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

فَضْلُ العَالِمِ عَلَى العَابِدِ كَفَضْلِي عَلَى أَدْنَاكُمْ

"Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah seperti keutamaanku atas orang paling rendah dari kalian". (HR. At-Tirmidzi No 2685)

Demikian kisah seorang penggembala kambing dan orang alim yang mengajarkan kita tentang ilmu hikmah . Semoga kita bisa mengambil iktibar dari kisah tersebut.(Baca Juga: Kecerdasan Ali bin Abi Thalib Ketika Diuji Kaum Khowarij)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3096 seconds (0.1#10.140)