Tips Agar Sholat Tahajud menjadi Kebiasaan

loading...
Tips Agar Sholat Tahajud menjadi Kebiasaan
Sholat tahajud merupakan ibadah yang istimewa, karena Allah yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Quran. Foto ilustrasi/ist
Sholat tahajud merupakan ibadah yang istimewa. Allah yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Qur'an. Siapapun yang mengerjakannya akan disebut sebagai hamba-NYA yang terpuji di mata Allah.

QS Al-Isra ayat 79, menjelaskan keutamaan dari shalat tahajud ini:
وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

Wa minal-laili fa tahajjad bihi nafilatal laka ‘asa ay yab’asaka rabbuka maqamam mahmuda

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,”(QS Al Isra :79)

Baca juga: Kiat Mudah Agar Bangun Malam untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud sebenarnya dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu sholat isya’ hingga masuk waktu sholat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.

Nah, bagaimana agar kita bisa mencintai sholat tahajud dan menjadikannya sebagai kebiasaan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tipsnya:

1. Paksakan Diri

Paksakan diri untuk tahajjud, suka atau tidak,ringan ataupun berat, paksakan diri untuk bangun tengah malam menjelang subuh.

2. Jadikan Kebiasaan

Beberapa bentuk paksaan akan berubah menjadi 'kebiasaan'. Kita akan merasa aneh jika tidak tahajjud, kita akan terbiasa bangun saat jam tahajjud, walaupun tanpa alarm.

3. Jadikan Keharusan

Kebiasaan yang berterusan di lakukan akan berubah menjadi 'kemestian'. Kita mesti dan harus sholat tahajud. Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta tahajud, lalu akan merasa rugi jika tidak tahajud.

4. Menikmati

Pada tahap ini tahajud sudah menjadi kemestian. Sholat tahajjud berlama lama adalah 'kenikmatan'. Sedangkan ketika terlewat tidak tahajud akan membuat diri resah. Yang perlu kita lakukan adalah 'istiqomah' dan mengajak sebanyak banyaknya orang untuk tahajud agar mereka pun dapat merasakan nikmatnya bertahajud.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ

“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.”[HR. Muslim]

Pada waktu inilah hati seorang muslim lebih lembut dan lebih mudah kembali kepada Allah serta akan ditingkatkan keimanannya Ibnu Taimiyyah berkata,
الناس في آخر اليل يكون في قلوبهم من التوجه و التقرب و الرقة ما لا يوجد في غير ذالك الوقت

“Manusia pada akhir malam, keadaan hatinya akan fokus dan dekat kepada Allah serta lembut, di mana tidak didapati keadaan ini kecuali pada waktu tersebut.” [Majmu’ Fatawa 5/130]

Baca juga: Larangan Melaknat dan Dalil-dalil yang Menjelaskannya

Wallahu A'lam.
(wid)
cover top ayah
وَلَوۡ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسۡتِعۡجَالَهُمۡ بِالۡخَيۡرِ لَـقُضِىَ اِلَيۡهِمۡ اَجَلُهُمۡ‌ؕ فَنَذَرُ الَّذِيۡنَ لَا يَرۡجُوۡنَ لِقَآءَنَا فِىۡ طُغۡيَانِهِمۡ يَعۡمَهُوۡنَ‏
Jika Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka. Namun Kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bergelimang dalam kesesatan.

(QS. Yunus:11)
cover bottom ayah
preload video