Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah dan Artinya

Senin, 29 November 2021 - 19:19 WIB
loading...
A A A
15. Muridan (Berkehendak)
Segala peristiwa di dunia dapat terjadi atas kehendak dan takdir Allah. Dia memiliki sifat muridan yang berarti berkehendak. Jika Allah telah berkehendak, maka tak ada yang bisa menolak takdir tersebut. Sifat Muridan ini diabadaikan dalam Surat Hud ayat 107:

خَٰلِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ إِلَّا مَا شَآءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيدُ

"Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki." (QS. Hud: 107)

16. 'Aliman (Maha Mengetahui)
Allah Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia ini. Allah memiliki sifat 'Aliman yang bermakna Maha Mengetahui. Tak ada yang dapat menyembunyikan apa pun dari Allah, sebab Dia memiliki pengetahuan yang tak terbatas dan tak tertandingi. Sifat 'Aliman pada Allah ada dalam Surat An-Nisa ayat 176:

يَسْتَفْتُونَكَ قُلِ ٱللَّهُ يُفْتِيكُمْ فِى ٱلْكَلَٰلَةِ ۚ إِنِ ٱمْرُؤٌا۟ هَلَكَ لَيْسَ لَهُۥ وَلَدٌ وَلَهُۥٓ أُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَ ۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ إِن لَّمْ يَكُن لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَإِن كَانَتَا ٱثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا ٱلثُّلُثَانِ مِمَّا تَرَكَ ۚ وَإِن كَانُوٓا۟ إِخْوَةً رِّجَالًا وَنِسَآءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ ٱلْأُنثَيَيْنِ ۗ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمْ أَن تَضِلُّوا۟ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ

"Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah: "Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu): jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki dan perempuan, maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. An-Nisa: 176)

17. Hayyan (Maha Hidup)
Allah tidak pernah tidur, tidak lengah, dan tidak akan pernah mati. Sebab, ia memiliki sifat hayyan yang berarti Maha Hidup. Sifat hayyan pada Allahtertulis dalam Surat Al-Furqan ayat 58:

وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱلْحَىِّ ٱلَّذِى لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِۦ ۚ وَكَفَىٰ بِهِۦ بِذُنُوبِ عِبَادِهِۦ خَبِيرًا

"Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya." (QS. Al-Furqan: 58)

18. Sami'an (Maha Mendengar)
Allah memiliki sifat Sami'an yang berarti Maha Mendengar. Allah Maha Mendengar semua ucapan, doa, dan permintaan kita. Dia akan mengabulkan doa hamba-Nya di waktu tepat. Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk meminta dan berdoa kepada-Nya karena Dia pasti mendengar. Sifat Sami'an ada dalam Surat Al-Baqarah ayat 256:

آ إِكْرَاهَ فِى ٱلدِّينِ ۖ قَد تَّبَيَّنَ ٱلرُّشْدُ مِنَ ٱلْغَىِّ ۚ فَمَن يَكْفُرْ بِٱلطَّٰغُوتِ وَيُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱسْتَمْسَكَ بِٱلْعُرْوَةِ ٱلْوُثْقَىٰ لَا ٱنفِصَامَ لَهَا ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 256)

19. Bashiran (Maha Melihat)
Allah selalu mengawasi setiap gerak-gerik dan tingkah laku hamba-Nya. Tak ada satu pun yang luput dari pandangannya. Sebab, Allah memiliki sifat bashiran yang berarti Maha Melihat. Sifat bashiran pada Allah tertulis dalam Surat Al-Hujurat ayat 18:

إِنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ غَيْبَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ

"Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hujurat: 18)

20. Mutakkaliman (Maha Berbicara)
Al-Qur'an merupakan bukti nyata firman Allah atau perkataan dari Allah yang disampaikan-Nya melalui Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Hal ini sesuai dengan sifat Allah yakni Mutakkaliman yang berarti Maha berbicara, berfirman atau berkata-kata. Sifat Mutakkaliman ini tertulis dalam Surat An-Nisa ayat 164:

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَٰهُمْ عَلَيْكَ مِن قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ ٱللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا

"Dan (Kami telah mengutus) Rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan Rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (QS. An-Nisa: 164)

Demikian 20 sifat wajib Allah 'Azza wa Jalla yang patut kita ketahui. Semoga dengan mengetahui sifat wajib Allah ini dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)