Mengenal Makanan dan Minuman yang Ada di Surga

Rabu, 01 Desember 2021 - 17:46 WIB
loading...
Mengenal Makanan dan Minuman yang Ada di Surga
Salah satu kenikmatan yang menanti bagi penghuni surga adalah makanan dan minuman yang tidak pernah habis. Foto ilustrasi/ist
A A A
Salah satu kenikmatan surga yang menanti bagi penghuninya adalah makanan dan minuman yang tidak pernah habis. Dalam kitab 'Tamam Al–Minnah ‘ala Syarh As-Sunnah', Al-Imam Al-Muzani rahimahullah menjelaskan, “Di surga ada berbagai makanan, buah-buahan, dan minuman, akan terus ada dan tidak ada habisnya, juga tidak fana. Begitu pula naungannya tidak fana dan tidak dihapus.”

Dalam ayat Al Qur'an disebutkan,
مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا ۚ تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا ۖ وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (QS. Ar-Ra’du: 35)



Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Gerhana pernah terjadi di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas beliau salat. Orang-orang berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami tadi melihat engkau mengambil sesuatu di tempatmu lantas kami melihat engkau beralih ke belakang. Beliau pun bersabda, ‘Sesungguhnya aku telah melihat surga dan aku tadi berupaya meraih setandan buah-buahan darinya. Seandainya aku mendapatkannya lalu kalian memakannya, niscaya kamu (tidak butuh lagi makanan) di dunia.’” (HR. Bukhari)

Semua kenikmatan makanan dan minuman itu akan Allah berikan sebagai ganjaran karena telah melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Allah Ta'ala telah menyiapkan nikmat yang tidak terhingga bagi para penghuni surga kekal.

Seperti disebutkan dalam Al-Qur'an :
كُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ هَنِيٓـًٔۢا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

“(Dikatakan kepada mereka), ‘Makan dan minumlah kamu dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al Mursalat: 43).

Di dalam Al-Qur'an juga dijelaskan makanan dan minuman yang tersedia bagi para penghuni surga ini, antara lain :

A. Makanan

1. Daging burung yang lezat, nikmat, dan berigizi.

Allah Ta'ala berfirman:

“.....Dan buah-buahan yang mereka pilih dan daging burung yang mereka inginkan.” (QS al-Waqi’ah: 20—21)

2. Buah-buahan

Allah Ta'ala berfirman:

“Dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, serta kasur-kasur yang tebal lagi empuk.” (QS al-Waqi’ah: 32—34)

Juga firman Allah Ta'ala:

“Buah-buahannya dekat, (kepada mereka dikatakan), ‘Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu’.” (al-Haqqah: 23—24)

Dari Tsauban, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata,
إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا نَزَعَ ثَمَرَةً مِنَ الْجَنَّةِ عَادَتْ مَكَانَهَا أُخْرَى

“Seorang penghuni surga jika memetik buah di surga, buah yang lain akan menempati tempatnya.” (HR. ath-Thabarani)



Beragam Jenis Minuman
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)