Khidir Hanya Julukan, Ini 7 Nama Nabi yang Jadi Perdebatan Itu

loading...
Khidir Hanya Julukan, Ini 7 Nama Nabi yang Jadi Perdebatan Itu
Nabi Khidir, dinamakan demikian karena bila dia sholat di suatu tempat, maka warna di sekitarnya menjadi kehijauan. (Foto/Ilustrasi: Ist)
Nama Nabi Khidir diyakini bukan nama asli, melainkan hanya julukan. Kalangan ulama memunculkan 7 nama sejatinya nabi yang dianggap misterius ini. Namun jumhur ulama menyepakati, namanya Khidir yang asli adalah Balyaa bin Malkan.

Baca juga: Nabi Khidir, Setiap Tempat yang Dipijak Berubah Hijau

Buku "Khidir as: Nabi Misterius, Penguasa Samudra Yang Berjalan Secepat Kilat" karya Mahmud Asy-Syafrowi memaparkan jika kita mengkaji tentang kisah Khidir as, maka kita akan mendapati banyak ikhtilaf atau perselisihan tentang nama aslinya.

Di antara nama-namanya tersebut, menurut Mahmud Asy-Syafrowi, adalah: Balyaa bin Malkan, Talia bin Malik, Yasa', 'Amir, Al-Mu'ammar, Urmiya, Khadrun.

Dari kesekian nama tersebut, Imam Nawawi cenderung memilih Balyaa bin Malkan, untuk nama yang sebenarnya bagi Khidir. Dan nama inilah yang telah disepakati jumhur (mayoritas) ulama.

Dalam situs Encyclopedia Britania, dikatakan bahwa Khidir memiliki sebuah nama, yang paling terkenal adalah Balyaa bin Malkan.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah mengapa ia diberi gelar Khidir? bBrikut ini alasan pemberian gelar Khidir yang diyakini beberapa ulama:

Pertama, dia dinamakan Khidir karena bila dia sholat di suatu tempat, maka warna di sekitarnya menjadi kehijauan. Sebagaimana yang diceritakan dari Ibnu Asakir dan sahabat-sahabatnya.

Kedua, bila dia duduk di suatu tempat, maka cahaya di sekitar itu berubah menjadi kehijauan. Sebagaimana yang dikatakan Ikrimah.

Ketiga, bila dia duduk di atas tumpukan jerami yang telah kering, maka jerami tersebut akan menjadi hijau kembali. Sebagaimana yang diriwayatkan Imam Bukhari.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاِنۡ تُطِعۡ اَكۡثَرَ مَنۡ فِى الۡاَرۡضِ يُضِلُّوۡكَ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ‌ؕ اِنۡ يَّتَّبِعُوۡنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنۡ هُمۡ اِلَّا يَخۡرُصُوۡنَ‏
Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka dan mereka hanyalah membuat kebohongan.

(QS. Al-An’am:116)
cover bottom ayah
preload video