Semeru Meletus: Ketika Pasak Bumi Berulah Ingat Kiamat Sudah Dekat

Senin, 06 Desember 2021 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Ketika dua lempengan itu bertumbukan, lempeng yang paling kuat akan mengarah ke bawah, sedang yang satunya akan terlipat mengarah ke atas dan membentuk dataran tinggi yang kemudian berkembang menjadi gunung.

Menurut penelitian geolog dari Amerika Serikat, Prof Emeritus Frank Press, lempeng yang mengarah ke bawah tersebut menghujam sedalam 35 km dari permukaan tanah.

Ukuran ini mengindikasikan bahwa gunung memiliki akar yang mencapai kedalaman melebihi tinggi permukaan yang berada di atasnya. Fenomena yang terjadi di bagian bawah inilah kemudian disebut Al Quran sebagai pasak.

Laman Tafsir Al-Quran menyebut gunung sebagai pasak sebagaimana disebut Al-Quran bukan berarti gunung itu membentuk seperti pasak yang biasa kita kenal, karena sejatinya yang menjadi objek perhatian Al-Quran adalah bahwa gunung sebagaimana halnya pasak-pasak yang dapat mencegah robohnya bagian-bagian yang bersambung.

Singkatnya peran gunung sebagai pasak yang dibuktikan oleh temuan para ilmuwan geologi modern sebenarnya telah dinyatakan dalam Al-Quran jauh sebelumnya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)