10 Keutamaan Berdoa Menurut Al-Qur'an dan Hadis

Kamis, 09 Desember 2021 - 23:37 WIB
loading...
A A A
Dalam ayat ini selain Allah menyuruh supaya sekalian orang berdoa kepada-Nya, Dia juga menerangkan bahwa Allah itu dekat kepada mereka. Artinya selalu mendengar doa mereka dan selalu akan memperkenankan sekalian doa itu.

Mukmin yang taat kepada Allah selalu berdoa kepada Allah, tidak perduli apakah doa itu diperkenankan atau tidak.

5. Surat Ali Imran Ayat 38

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ‌ ‌ۚ قَالَ رَبِّ هَبۡ لِىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً‌ ‌ ۚ اِنَّكَ سَمِيۡعُ الدُّعَآءِ

"Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS Ali Imran: 38)

Dalam ayat ini dinyatakan bahwa Nabi-Nabi juga berdoa kepada Allah, salah satunya Nabi Zakaria 'alaihissalam.

6. Surat Al-Anbiya Ayat 87-88

…فنادى في الظلمت أن لا إله إلا أنت سبحنك إني كنت من الظالمين . فاستجبنا له و نجينه من الغم و كذلك ننجى المؤمنين

"Maka ia berdoa dalam keadaan gelap (dalam perut ikan): Sesungguhnya tiada Allah selain Engkau, Maha suci Engkau, bahwasanya aku termasuk orang yang bersalah. Maka Kami perkenankan doanya dan Kami lepaskan dia dari dukacita dan begitulah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman." (QS Al Anbiya: 87-88)

Dalam hikayat Al-Qur'an ini bahwa Nabi Yunus 'alaihissalam juga berdoa kepada Allah ketika beliau di dalam perut ikan. Dan doa beliau dikabulkan Allah, sehingga keluar dari perut ikan dengan selamat.

7. Surat Nuh Ayat 28

رَبِّ اغۡفِرۡلِىۡ وَلِـوَالِدَىَّ وَلِمَنۡ دَخَلَ بَيۡتِىَ مُؤۡمِنًا وَّلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتِؕ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا تَبَارًا

"Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran." (QS. Nuh: 28)

Demikian Nabiyullah Nuh berdoa kepada Allah agar membinasakan orang-orang kafir. Beliau juga berdoa untuk keselamatan diri dan kedua orang tuanya serta seluruh orang-orang yang beriman.

8. Hadis Riwayat Al-Bukhari dan Muslim

عن انس بن مالك رضي الله عنه قال : كان اكثر دعاء النبي ص م اللهم ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار (رواه البخاري ومسلم.صحيح البخاري ج 4 ص 79

"Dari Anas bin Malik beliau berkata: Doa yang banyak dibaca oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam adalah: "Ya Allah! Berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa neraka!" (HR Imam Bukhari dan Muslim, Sahih Al-Bukhari)

Maksud "hasanah-kebaikan" di dunia ialah harta benda dan "hasanah" di akhirat ialah pahala. Maka maksud doa ini ialah meminta diberi harta benda di dunia dan pahala di akhirat, sehingga terjauh dari api neraka. Setiap muslim harus mengikuti Nabi yaitu memperbanyak membaca doa semacam ini, demi keselamatan dunia akhirat.

9. Hadis Riwayat Al-Bukhari

عن البراء ابن عازب , أن النبي ص م أوصى رجلا فقال : إذا أردت مضجعك فقل : أللهم أسلمت نفسي إليك وفوضت أمري إليك ووجهت وجهي إليك و ألجأت ظهري إليك رغبة و رهبة إليك لا ملجأ و لا منجا منك إلا إليك . (رواه البخاري فتح الباري ج 13 ص 362
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)