7 Keutamaan Orang yang Bersedekah

Minggu, 12 Desember 2021 - 21:49 WIB
loading...
7 Keutamaan Orang yang Bersedekah
Abah Guru Sekumpul adalah sosok wali kharismatik asal Kalimantan Selatan yang cukup dihormati. Foto/Ist
A A A
Ulama kharismatik asal Martapura Kalimatan Selatan Abah Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari) menjelaskan keutamaan bersedekah yang patut diketahui umat muslim. Sebagaimana diterangkan para ulama, sedekah dapat meredam murkanya Allah.

Dilansir dari @berkatguru_sekumpul, Abah Guru Sekumpul memaparkan tujuh keutamaan orang yang bersedekah. Mudah-mudahan kita termasuk ahli sedekah.

1. Mendapatkan Naungan Allah pada Hari Kiamat
Ketika hari Kiamat, manusia dikumpulkan di Padang Mashyar, manusia yang sering melakukan sedekah akan dinaungi oleh Allah.

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." (HR. Al-Bukhari 1421)

2. Menghapus Dosa
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR at-Tirmidzi)

3. Memberi Keberkahan pada Harta
Sejatinya, harta kita tidak akan pernah berkurang walau dikeluarkan untuk sedekah. "Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya." (HR. Muslim 2588)

4. Disediakan Pintu Khusus untuk Masuk Surga
"Orang memberikan menyumbang kan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: 'Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan." (HR. Al-Bukhari 3666, Muslim 1027)

5. Diberi Balasan Berlipat Ganda
Allah berfirman dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipa-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS. Al Hadid: 18)

6. Mencegah Pedagang Melakukan Kecurangan
"Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiaslah jual-beli kalian dengan sedekah." (HR Tirmidzi 1208)

7. Melindungi dari Jilatan Api Neraka
"Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah." (HR Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

Demikian tujuh keutamaan bersedekah, sebenarnya masih banyak fadhillah dan manfaat yang didapat dari amal yang satu ini. Semoga kita dimudahkan dalam berbagi dan membantu orang lain dengan sedekah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)