Manfaat Puasa Sunnah bagi Kesehatan Wanita Muslimah

Selasa, 04 Januari 2022 - 15:38 WIB
loading...
Manfaat Puasa Sunnah bagi Kesehatan Wanita Muslimah
Salah satu manfaat puasa Daud yang rutin dilakukan kaum muslimah, yakni mampu menghilangkan racun dalam tubuh atau disebut detoksifikasi, dan meningkatkan imunitas tubuh. Foto ilustrasi/ist
A A A
Melaksanakan ibadah puasa sunnah tidak hanya ditujukan untuk kaum wanita muslimah saja, akan tetapi kaum Hawa ini dapat memahami bahwa puasa dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan juga untuk melatih dirinya lebih bersabar dan ikhlas.
Ada banyak jenis puasa sunnah yang bisa dilakukan kaum muslimah, di antaranya puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamud Bidh, puasa Daud, puasa sunnah Idul Adha, puasa 1 Muharram, dan puasa Syawal.

Setelah sebelumnya banyak muslimah yang kian rajin dalam berpuasa sunnah Senin-Kamis, ibadah puasa Daud pun makin banyak yang mengamalkannya saat ini. Dalam sebuah hadis dijelaskan : “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal" (HR Bukhari)

Baca juga: Amalan Puasa Senin-Kamis dan Alasan Rasulullah Melakukannya

Lalu, hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amru radhiyalahu ‘anhu, ia berkata: "Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu. Maka, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari itu.” (HR. Bukhari)

Ibadah puasa ini adalah ibadah yang dijalankan Nabi Daud sepanjang hayatnya, dengan berpuasa selang seling dengan jeda satu hari saja. Dilihat dari aspek spiritual , keutamaan puasa Daud dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kedekatan diri kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Selain itu, ada pula keutamaannya dilihat dari aspek kesehatan.

Hasil penelitian dr. Ami Nurrahmi Aisyah, seorang dokter yang berpraktik di Dinas Kesehatan Bandung, diketahui puasa Daud yang rutin dilakukan ini, mampu menghilangkan racun dalam tubuh atau disebut detoksifikasi, dan meningkatkan imunitas tubuh, serta yang lainnya. Berikut, beberapa manfaat puasa Daud, khususnya bagi kaum wanita muslimah, di antaranya:

1. Sebagai detoksifikasi tubuh

Karena dengan berpuasa kita bisa mengkontrol makanan yang masuk dan racun-racun dalam tubuh akan keluar karena tubuh berhenti bekerja mengolah makanan.

2. Menjaga stamina tubuh

Ini karena puasa membakar energi dan berbagai cadangan makanan kita. Dengan begitu tubuh akan semakin fit dan stamina terjaga karena metabolisme tubuh semakin membaik.

3. Menjaga diri dari makan-makanan yang haram akan dilakukan ketika berpuasa

Akan menjadi sia-sia melakukan puasa jika kita tetap makan-makanan yang haram. Sedangkan makan makanan yang haram akan membuat pahala hilang dari ibadah yang kita jalankan.

4. Membuat pola makan dan konsumsi sehat

Hal ini akan terjadi karena kita benar-benar mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak dan sehat. Tapi dengan berpuasa maka kita akan memilih makanan yang baik.

5. Membatasi diri untuk banyak konsumsi makanan

Ini juga menjadi sebuah keutamaan dari puasa Daud. Hal ini karena kita akan membatasi konsumsi, tidak banyak makan, ngemil, atau sekadar memenuhi hasrat makanan saja.

Untuk itulah puasa daud bisa kita lakukan jika hendak memiliki hidup sehat sekaligus mendapatkan pahala atas ibadah yang kita lakukan.

Baca juga: 7 Cara Berhias yang Dilarang bagi Wanita Muslimah

Wallahu A'lam
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2031 seconds (11.210#12.26)