Azab Allah Taala kepada Kaum Luth dan Hasil Penelitian Ilmiah di Lokasi Kejadian

Senin, 31 Januari 2022 - 05:15 WIB
loading...
Azab Allah Taala kepada Kaum Luth dan Hasil Penelitian Ilmiah di Lokasi Kejadian
Luasnya ledakan udara kosmik di Tunguska, Siberia (1908), ditumpangkan di wilayah Laut Mati. (Foto/Ilustrasi: Bunch dkk/scinews)
A A A
Kitab suci Al-Qur'an telah menginformasikan kepada kita bahwa Allah SWT mengazab umat Nabi Luth AS yang mempraktikkan perilaku seks menyimpang. Peristiwa diazabnya umat Nabi Luth diabadikan di Al-Quran yang berbunyi: “Dan Kami hujani atas mereka hujan (batu), maka lihatlah bagaimana kesudahan para pendurhaka.’’ ( QS al-Araf [7] : 84)

Sementara itu, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa wilayah bekas kaum Sodom tersebut hancur oleh meteor. Hasil penelitian tersebut telah diumumkan pada September 2021 lalu.



Kesimpulan itu didapat setelah para peneliti melakukan penggalian ekstensif di Tall el-Hammam selama 15 tahun, sejak 2006. Penelitian melibatkan lebih dari dua lusin ilmuwan terdiri dari arkeolog, ahli geologi, ahli geokimia, ahli geomorfologi, ahli mineral, ahli paleobotani, ahli sedimentologi, ahli dampak kosmis, dan dokter medis.

Di luar itu mereka dibantu oleh para mahasiswa pascasarjana dan doktoral dan sejumlah besar sukarelawan dari seluruh Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, Asia, Australia, Selandia Baru, dan Timur Dekat.

Disebutkan bahwa sebuah batu meledak dalam bola api besar sekitar 2,5 mil (4 kilometer) di atas tanah. Ledakan itu sekitar 1.000 kali lebih kuat dari bom atom Hiroshima. Kejadian ini terjadi di Tall el-Hammam di lembah Yordania 3.800 tahun lalu yang kini merupakan lokasi Kota Sodom dan Gomora.

Kala itu, suhu udara dengan cepat naik di atas 3.600 derajat Fahrenheit (2.000 derajat Celcius). Hampir seketika, seluruh kota terbakar. Beberapa detik kemudian, gelombang kejut besar menghantam kota.

Untuk mengetahui apa yang terjadi, peneliti menggunakan Kalkulator Dampak Online dengan membuat model skenario yang sesuai dengan bukti. Dibangun oleh ahli dampak, kalkulator ini memungkinkan peneliti untuk memperkirakan banyak detail dari peristiwa itu.



Soal Lokasi
Tell el-Hammam (juga Tall al-Hammam) adalah sebuah situs arkeologi di Yordania, di bagian timur Lembah Yordan bagian bawah dekat dengan muara Sungai Yordan. Situs ini memiliki sisa-sisa substansial dari Zaman Perunggu Kalkolitik, Awal, Menengah dan Pertengahan, dan dari Zaman Besi II.

Perihal daerah kaum Luth yang diazab Allah SWT menurut Ath-Thabari dalam bukunya berjudul "Tarikh al-Rusul wa al-Muluk" adalah wilayah bernama al-Mutafikah, di dalamnya terdapat lima kota, yaitu Sabah, Sarah, Amarah, Duma, dan Sodom. Kota yang terakhir disebutkan adalah kota yang paling besar di antara kelimanya.

Menurut Ath-Thabari, Sodom kini terletak di Yordania. Keterangan tempat ini didapatkan dari riwayat yang disampaikan oleh Muhammad bin Ka’ab al-Quradhi, seorang generasi kedua dari Tabiin yang tinggal di Kufah.

Sementara itu, Ibnu Katsir dalam bukunya "Qashash Al-Anbiya" menyebut dengan lebih detail, menurut dia, lokasinya berada di pantai bagian barat Laut Mati, atau dalam bahasa Arab disebut Al-Bahr al-Mayyit.

Danau Luth diperkirakan berada 400 meter di bawah permukaan Laut Tengah. Karena lokasi terdalam dari danau tersebut adalah 400 meter, dasarnya berada di kedalaman 800 meter di bawah Laut Tengah. Inilah titik yang terendah di seluruh permukaan bumi. Di daerah lain yang lebih rendah dari permukaan laut, paling dalam adalah 100 meter.

Sifat lain dari Danau Luth adalah kandungan garamnya yang sangat tinggi, kepekatannya hampir mencapai 30 persen. Oleh karena itu, tidak ada organisme hidup, semacam ikan atau lumut, yang dapat hidup di dalam danau ini. Hal inilah yang menyebabkan Danau Luth dalam literatur-literatur Barat lebih sering disebut sebagai "Laut Mati".

Konon, jika seseorang bersampan (mendayung) melintasi Danau Luth ke titik paling utara dan matahari sedang bersinar pada arah yang tepat, ia akan melihat sesuatu yang sangat menakjubkan.

Pada jarak tertentu dari pantai dan jelas terlihat di bawah permukaan air, maka akan tampaklah gambaran bentuk hutan yang diawetkan oleh kandungan garam Laut Mati yang sangat tinggi. Batang dan akar di bawah air yang berwarna hijau berkilauan tampak sangat kuno.

Lembah Siddim, di mana pepohonan ini dahulu kala bermekaran daunnya menutupi batang dan ranting, merupakan salah satu tempat terindah di daerah ini. Keindahan Laut Mati ini dilukiskan seperti ''like the garden of God.''



Bentuk Azab
Sebagaimana telah disebutkan bahwa peristiwa diazabnya umat Nabi Luth di kota Sodom antara lain diabadikan di dalam ayat Al-Qur'an yang berbunyi: “Dan Kami hujani atas mereka hujan (batu), maka lihatlah bagaimana kesudahan para pendurhaka.’’ (QS al-Araf [7]: 84)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)