Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap Arab dan Latinnya

Minggu, 22 Januari 2023 - 21:42 WIB
loading...
Niat Puasa Bulan Rajab Lengkap Arab dan Latinnya
Salah satu amalan yang dianjurkan Nabi di bulan Rajab adalah memperbanyak istighfar dan puasa sunnah. Foto/Ist
A A A
Niat puasa bulan Rajab perlu diketahui kaum muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa Rajab besok hari Senin (23/1/2023). Berikut bacaam niat lengkap Arab dan latinnya.

Dalam Islam, bulan-bulan Haram terdiri dari 4 bulan yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah Ta'ala mengagungkan Rajab sebagaimana diabadikan dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah Ayat 36.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk memuliakan bulan Rajab. Salah satu bentuk mpenghormatan kepada bulan ini adalah menjauhkan diri dari maksiat dan menghidupkan puasa dan istighfar.

Dalil Puasa Sunnah Rajab
Keutamaan puasa bulan Rajab diriwayatkan Imam Ahmad dalam musnad-nya, Imam Abu Daud dan Imam Ibnu Majah dalam Kitab Sunan. Mereka meriwayatkan Hadis Nabi dari salah seorang dari Suku Al-Bahila.

"Aku mendatangi Rasulullah lalu aku berkata kepada beliau: "Wahai Nabi, aku adalah orang yang pernah datang kepadamu di tahun pertama. Nabi kemudian bertanya: "Kenapa badan kamu menjadi kurus?", Ia menjawab: Aku selama ini tidak makan dalam sehari kecuali malam saja". Nabi bertanya: "Siapa yang menyuruhmu menyiksa tubuhmu seperti ini?", Aku (Al-Bahiliy) menjawab: "Wahai Nabi, aku ini orang yang kuat bahkan lebih kuat". Nabi mengatakan: "Puasalah bulan sabar (bulan Ramadhan saja), dan sehari setelahnya!". Lalu aku menjawab: "Aku lebih kuat dari itu ya Nabi!". Rasulullah menjawab: "Kalau begitu, puasa Ramadhan dan 2 hari setelahnya!". Aku menjawab lagi: "Aku lebih kuat dari itu wahai Nabi!". Nabi berkata: "Kalau begitu, puasa Ramadhan, kemudian 3 hari setelahnya, dan berpuasalah pada bulan-bulan Haram!".

Menurut Al-Qurthubi, perbuatan dosa di bulan-bulan Haram hukumannya akan dilipatgandakan. Sebaliknya mereka yang beramal saleh atau berpuasa maka pahalanya akan dilipatgandakan Allah.

Lafaz Niat Puasa Sunnah Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى


Nawaitu Shouma Ghadin 'an Adai Sunnati Rojaba Lillahi Ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa Sunnah Rajab besok hari karena Allah Ta'ala."

Baca Juga: Keutamaan Puasa Rajab dan Qiyamullail di Malam Pertama

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)