Muhammad bin Ali, Arsitek Dinasti Abbasiyah yang Kampanyekan Ahlul Bait

Rabu, 09 Februari 2022 - 18:15 WIB
loading...
A A A
Mereka berkeyakinan, wilayah yang paling subur dan kondusif untuk menyebarkan dakwah tersebut adalah Kufah dan Khurasan. Adapun Kufah, maka pusat aktivitas pendukung Ahlul Bait terutama Ali bin Abi Thalib, sejak lama mereka dapat mengumpulkan mereka di sana dan menjadikannya sebagai pusat aktivitas dan kontrol mereka.

Sedangkan Khurasan, maka ladang dakwah di daerah tersebut terfokus pada dua persoalan pokok:

Pertama: Ide kaum Syiah mudah dipahami penduduk Khurasan, yang bermuara pada pemindahan kekhalifahan kepada Ahlul Bait Rasulullah, yang merupakan pembawa risalah dan pemimpin umat.

Ide dan pemikiran semacam ini sangat dekat dengan kekuasaan yang mereka wariskan secara turun temurun di kalangan keluarga kerajaan, dan kekuasaan tersebut tidak boleh berpindah kepada selain keluarga kerajaan. Kecuali jika dilakukan melalui tipu muslihat.

Kedua: Wilayah Persia memiliki sejarah dan penguasa klasik. Karena itu, situasi dan kondisi yang mereka alami itu memberikan pengaruh yang besar dalam jiwa mereka.

Bani Umayyah memperlakukan mereka layaknya majikan kepada hamba sahayanya. Etnik Arab yang hidup di antara mereka adalah orang-orang yang memiliki suara yang harus didengar dan pengaruh yang kuat.

Tiada seorang pun dari selain orang Arab yang berhak menduduki salah satu jabatan dalam pemerintahan sipil. Penduduk Persia sangat siap untuk mengubah pemerintahan yang seperti itu dan mengeluarkan kekhalifahan kepada pemerintahan yang akan datang dengan harapan agar mereka mendapat keberuntungan yang lebih baik dan kesempatan lebih besar dibandingkan keberuntungan mereka dalam pemerintahan Bani Umayyah.



Pemetaan Wilayah
Mengenai hal ini, Abu Bakar bin Ahmad bin Muhammad Al-Hamdani, yang lebih dikenal dengan Ibnul Faqih dalam Al-Buldan mengatakan Muhammad bin Ali bin Abdullah memberikan nasihat kepada para juru dakwahnya ketika akan memberangkatkan mereka ke berbagai kota. Adapun Kufah dan daerah sekitarnya, maka itu merupakan wilayah pendukung Ali dan putra-putranya.

Sedangkan Bashrah dan sekitarnya, maka itu wilayah pendukung Utsman dan loyal kepadanya, dan yang menyatakan, "Jadilah hamba Allah yang terbunuh dan jangan menjadi hamba Allah yang membunuh".

Adapun Al-Jazirah, maka Haruriyah (Kaum Khawarij) yang memberontak dan orang-orang badui, bagaikan orang-orang kafir dan mereka orang-orang Islam yang berperilaku seperti orang-orang Kristen.

Adapun penduduk Syam, maka tiada yang mereka ketahui kecuali Dinasti Abu Sufyan dan loyal kepada Bani Marwan, yang menyatakan permusuhannya secara terbuka sejak lama.

Sedangkan Mekkah dan Madinah, maka lebih dikuasai para pendukung Abu Bakar dan Umar bin Khattab . Akan tetapi hendaklah kalian memusatkan aktivitas dakwah di Khurasan. Karena di sana terdapat pendukung yang banyak dan ketabahan yang nyata.

Di sana terdapat jiwa-jiwa dan hati yang sehat, tidak terbagi oleh hawa nafsu dan tidak pula mengalami kerusakan. Mereka adalah tentara yang memiliki postur tubuh (yang besar), orang-orang dewasa, tokoh-tokoh terkemuka, berjambang dan berkumis, dan suara yang lantang, serta bahasa yang baik, yang keluar dari rongga tubuh bagian dalam. Dan, sesungguhnya aku sangat berharap dan optimistis akan kemunculan lampu dunia dan penerang bagi makhluk ini di bagian timur.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2590 seconds (0.1#10.140)