Hukum Meletakkan Uang Atau Barang di Dalam Mushaf Al-Qur'an

Senin, 14 Februari 2022 - 22:13 WIB
loading...
Hukum Meletakkan Uang Atau Barang di Dalam Mushaf Al-Quran
Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab dan Tafsir Al-Quran asal Banjar Kalimantan Selatan. Foto/Ist
A A A
Tg DR Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab,
Pimpinan Majelis Dalail Khairat Indonesia-Malaysia

Seringkali kita dapati selipan uang atau barang tertentu di dalam mushaf Al-Qur'an, entah orang lain yang meletakkannya atau kita sendiri, lantas apa hukumnya menurut hukum syariat?

Berdasarkan ijtihad para ulama Syafi'iyyah, di antaranya di dalam Kitab Hasyiah Inatut Thalibin dinyatakan keharamannya:

ووضع نحو درهم في مكتوبه علم شرعي وگذا جعله بين أوراقه خلاقا لشخينا .. ( قوله : وضع نحو درهم ) بالرفع، معطوف أيضا على تمكين. أي ويحرم وضع نحو درهم.

وقوله: في مكتوب أي فيما كتب فيه مصحف، أي قرآن كله أو بغضه. وعبارة النهاية : ولا يجوز جعل نحو ذهب في گاغد كتب عليه بسم الله الرحمن الرحيم أي وغيرها من كل معظم كما ذكره ابن حجر في باب الإستنجاء. ومن المعظم ما يقع في المكاتبات ونحوها، مما فيه اسم الله أو اسم رسوله مثلا ، فيحرم إهانته بوضع نحو دراهم فيه

(وقوله : وعلم شرعي) بالجر ، عطف على ضمير مكتوبة أي ويحرم أيضا وضع نحو درهم في مكتوب علم شرعي، أي ما كُتب فيه علم شرعي كالتفسير والحديث والفقه ولو قال : كغيره وكل معظم لكان أولى. إذ عبارته تقتضي أنه إذا وُضع في مكتوب غير العلم الشرعي من بقية العلوم كالنحو والصرف لا يحرم ولو كان فيه معظم، وليس كذلك

حاشية إعانة الطالبين ج١/ص٨٤

"Haram hukumnya meletakkan uang atau yang sejenisnya ke dalam suatu hal yang terdapat tulisan mushaf baik, secara keseluruhan atau hanya sebagian saja atau diletakkan ke dalam suatu hal yang terdapat ilmu syar'i semisal, ilmu tafsir, ilmu hadits dan ilmu-ilmu alat yang bisa membantu digunakan untuk memahami syari'at sama haramnya ketika meletakkannya di antara lembaran kertas dari dua hal-hal tadi."

Redaksi Kitab Nihayah menjelaskan bahwa tidak boleh meletakkan emas dalam kertasnya dari beberapa kitab yang di situ terdapat tulisan: بسم الله الرحمن الرحيم .

Imam Ali Syibra menambahi, tidak hanya selain itu namun asma-asma yang diagungkan juga terlaku hukum yang sama, termasuk dari asma yang diagungkan adalah asma Allah dan Rasul-Nya. Maka dari itu haram hukumya meletakkan uang dan sejenisnya di dalamnya.

Ditambahkan penjelasan di dalam Kitab Qamithughyan.

وإن لا يترك الصحيفة منثورة إذا وضعها وإن لا يضع فوقه شيئا من الكتب حتى يكون أبدا عاليا على سائر الكتب وإن يضعه فى حجره ذا قراه أو على شئ بين يديه ولا يضعه بالارض(قامع الطغيان على منظومة شعب الايمان)

"Jangan lah meninggalkan Al-Qur'an dengan kondisi yang terbuka, janganlah meletakan sesuatu diatasnya meskipun berupa kitab, sehingga Al-Qur'an berada di posisi paling atas selamanya, letakkanlah Al-Qur'an dalam pangkuan ketika membacanya atau letakanlah pada sesuatu dan janganlah diletakan di lantai".

Maka pesannya, tidak boleh meletakkan sesuatu di atas mushaf Al-Qur'an, seperti meletakkan peci, jam tangan, pensil dan lain-lain seperti kitab-kitab atau buku lainnya, dan begitu pula tidak boleh pula menyelipkan lembaran uang atau barang tertentu di dalam Al-Qur'an.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)