Doa Sebelum Adzan Lengkap Arab dan Latinnya

Selasa, 15 Februari 2022 - 21:33 WIB
loading...
Doa Sebelum Adzan Lengkap Arab dan Latinnya
Umat Islam dianjurkan berdoa sebelum dan sesudah Adzan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Adzan merupakan panggilan (an-Nida') atau pemberitahuan (al-i'lam) perihal masuknya waktu sholat fardhu. Selain memanjatkan doa sesudah adzan, umat Islam juga dianjurkan berdoa sebelum adzan.

Berdoa sebelum adzan termasuk amalan yang sangat mulia karena di dalamnya terdapat dzikir (mengingat Allah) dan sholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Untuk diketahui, adzan merupakan penetapan keberadaan dan kesempurnaan Allah Ta'ala karena diawali dengan Takbir. Karena itu, umat muslim hendaknya membaca doa sebelum dan sesudah adzan berkumandang.

Berikut doa sebelum adzan lengkap dengan latin dan artinya:

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ


Subhaanallah walhamdulillah wala ilaha illallahu wallahu Akbar, wala haula wala quqwata illa billahil 'Aliyyul 'azhim. Allahumma sholli wa sallim 'ala Sayyidina Muhammadillahu Ya Kariim.

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah. Ya Allah, limpahkan ramat dan kasih sayang kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang pemurah."

Salah satu fadhilah berdoa sebelum adzan yaitu dilingkupi rahmat dan perlindungan dari Allah Ta'ala karena di dalam doa tersebut terdapat dzikir dan sholawat yang agung.

Jadi bagi kaum muslimin yang sedang menunggu adzan, ada baiknya mengamalkan doa di atas. Semoga Allah berkenan melimpahkan taufik-Nya untuk kita semua.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)