5 Nasihat Berharga untuk Manusia, Nomor Terakhir Terkait Soal Rezeki

Kamis, 17 Februari 2022 - 05:10 WIB
loading...
5 Nasihat Berharga untuk Manusia, Nomor Terakhir Terkait Soal Rezeki
Orang beruntung adalah mereka yang beriman kepada Allah Taala dan senantiasa mengerjakan amal saleh ketika di dunia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Lima nasihat berharga ini patut kita renungi betapa besarnya kasing sayang Allah untuk manusia. Allah menjanjikan surga bagi mereka yang taat dan mengikuti petunjuk-Nya.

Tidak dimungkiri, manusia memang tempatnya salah dan tidak terlepas dari dosa. Akan tetapi Allah dengan sifat pengasih-Nya membuka pintu taubat bagi hamba-hamba-Nya.



Lima pesan berharga ini sejatinya bisa kita jadikan sebagai pedoman hidup agar bahagia dunia akhirat. Di antara kelima nasihat ini, terdapat satu nasihat terkait rezeki.

Diriwayatkan dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

1. Hai anak cucu Adam! Malulah kepada-Ku ketika kamu bermaksiat! Aku akan malu terhadapmu di hari pelaporan amal sehingga Aku tidak akan menyiksamu.

2. Hai anak cucu Adam! Bertaubatlah kepada-Ku! Maka Aku akan memuliakanmu seperti kemuliaan yang diberikan kepada para Nabi.

3. Hai anak cucu Adam! Jangan memalingkan hatimu jauh dari-Ku karena sesungguhnya apabila kamu memalingkan hatimu jauh dari-Ku, maka Aku akan menghinakanmu dan tidak akan menolongmu.

4. Hai anak cucu Adam! Apabila kamu bertemu dengan-Ku sedangkan kamu membawa kebaikan-kebaikan sebanyak penduduk bumi, maka Aku tidak akan menerimanya sampai kamu membenarkan janji dan ancaman-Ku.

5. Hai anak cucu Adam! Sesungguhnya Aku adalah Dzat yang memberi rezeki. Kamu adalah makhluk yang diberi rezeki dan kamu tahu kalau sesungguhnya Aku memenuhimu dengan memberimu rezeki. Oleh karena itu, jangan meninggalkan ketaatan kepada-Ku gara-gara rezeki karena sesungguhnya apabila kamu meninggalkan ketaatan kepada-Ku gara-gara rezekimu maka akan tetap bagimu siksa-Ku.

"Hai anak cucu Adam! Jagalah 5 (lima) nasehat ini karena-Ku, maka akan tetap bagimu Surga... (hingga akhir Hadis)."

Demikian lima nasihat berharga yang ditujukan untuk kita semua. Semoga Allah Ta'ala melimpahkan taufik-Nya agar kita termasuk orang yang beruntung.

Sumber:
Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah karya Syekh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)