Kumpulan Artikel: Nasehat

  • Adab Menasihati: Pilih Waktu yang Tepat
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasihat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Lantas bagaimana adab memberi nasihat ini?
  • Inilah Nasihat Umar bin Khattab dalam Menghormati Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 16:07 WIB
    Umar bin Khattab pun dijuluki singa padang pasir, begitu disegani dan ditakuti oleh musuh-musuhnya. Namun bagaimanapun keras tabiatnya, Umar merupakan pribadi yang lemah lembut terhadap istri dan kaum wanita.
  • Nasihat untuk Muslimah yang Pengin Bahagia
    Muslimah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:20 WIB
    Dr Aidh Al Qarni memberikan beberapa nasihat yang akan menjadikan kita seorang muslimah selalu bersyukur dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Biografi dan Profil Abu Hurairah, Sahabat Rasulullah yang Dijuluki Bapak Kucing Kecil
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Desember 2023 - 10:05 WIB
    Abu Hurairah adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat terkenal karena menyimpan banyak hadis atau perkataan Rasulullah. Ia juga dijuluki Bapak Kucing Kecil.
  • Penyebab Sulit Menerima Nasihat dan Cara Mengobatinya
    Tips
    Selasa, 12 Desember 2023 - 22:07 WIB
    Dalam satu Hadis yang Sahih, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa Agama adalah Nasihat. Dalam riwayat tersebut kalimatnya tertulis Addiinun Naashihah.
  • Bahaya Khalwat, Campur Baur yang Sering Disepelekan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 18:33 WIB
    Berkhalwat atau berduaan dengan orang yang bukan mahram, merupakan bentuk kemungkaran, dan di antara kesalahan fatal yang sering terjadi di sebagian rumah kaum muslimin adalah terjadinya ikhtilat (campur-baur) antara laki-laki dan wanita tersebut.
  • Mau Tahu Manusia Paling Buruk di Dunia? Inilah Jawaban Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 15 November 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, menikah atau pernikahan merupakan penyempurna dari separuh agamanya. Namun, ada satu perbuatan yang membuat suami istri menjadi manusia paling buruk. Siapa dia?
  • Hadis Arbain: Agama Ini Adalah Nasihat
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:43 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-7 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis
  • Inilah 3 Nasihat Utama Rasulullah SAW kepada Para Suami untuk Istrinya
    Muslimah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:35 WIB
    Banyak nasihat Baginda Nabi SAW kepada para lelaki atau par suami bagaimana ia harus memperlakukan kaum wanita khususnya istri-istri mereka.
  • Adab Menasihati sesuai Tuntunan Rasulullah
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 11:45 WIB
    Nasihat adalah perkara yang sangat agung bagi setiap muslim. Dalam nasihat ada makna yang tersirat di dalamnya. Karena itu, ada adab yang harus diperhatikan dalam memberi nasihat.
  • Bolehkah Anak Menasihati Orang Tua?
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:43 WIB
    Setiap manusia berpotensi durhaka kepada Allah Taala, termasuk orang tua kita. Lantas, apakah kita boleh menasehati kedua orang tua kita, jika mereka terjatuh dalam sebuah kesalahan?
  • Begini Panduan Rasulullah Saat Bermimpi Baik atau Mimpi Buruk
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 16:30 WIB
    Mimpi dialami semua manusia, dari anak kecil hingga orang tua. Dalam Islam, tidak boleh sembarangan menakwilkan mimpi. Tidak boleh asal menerka makna sebuah mimpi.
  • 19 Mutiara Nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq Penuh Hikmah dan Inspiratif
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 15:01 WIB
    Mutiara nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu ini bisa kita jadikan motivasi dan pelajaran untuk diri sendiri. Berikut 19 nasihat bijak Abu Bakar penuh hikmah dan inspiratif.
  • Memilih Waktu yang Tepat dalam Menasihati
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • 25 Kata-kata Mutiara Umar bin Khattab Penuh Hikmah dan Motivasi
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 21:42 WIB
    Umar bin Khattab adalah sababat Nabi yang memiliki banyak keutamaan dan berjasa besar untuk Islam. Berikut kata-kata mutiara Khalifah Umar yang sarat pelajaran berharga.
  • Kisah Hikmah : Nasihat Seorang Wanita dan Amar Maruf Nahi Munkar
    Muslimah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:37 WIB
    Kisah hikmah berikut menunjukkan bahwa kaum Hawa pun dapat memberikan andil dalam nasihat dan amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • 4 Golongan Manusia Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Senin, 22 Mei 2023 - 18:15 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (wafat 561 Hijriyah) dikenal sebagai ulama bergelar Sulthanal Auliya (pemimpin para Wali). Beliau membagi manusia ke dalam 4 golongan.
  • Makna Kun Fayakun, Mudahnya Allah SWT Bila Berkehendak
    Hikmah
    Senin, 08 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Makna Kun Fayakun di Surat Yasin ayat 82, termasuk dalil mudahnya bagi Allah Subhaanahu wa Taaala menciptakan kembali manusia yang telah mati dan menciptakan segala sesuatunya.
  • Syaikh Aidh Al Qorni : Sosok Muslim yang Humoris Lebih Mudah Sukses
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Banyak ulama yang berpendapat bahwa tawa dan senyum adalah salah satu sebab yang paling kuat yang membuat manusia agar lebih efektif dan produktif. Bahkan Imam Ibnul Jauzi (fuqaha, ahli ibadah) berkata bahwa para ulama yang mulia selalu senang dengan humor.
  • Kisah Imam Hasan Al-Bashri dan Doanya yang Mustajab
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Imam Hasan Al-Bashri salah satu ulama yang doanya mustajabah. Ulama generasi Tabiin yang menetap di Basrah Irak ini juga dikenal sebagai ulama Sufi yang doanya Mustajab.