Keutamaan Jumat dan Hadiah Surga untuk Umat Nabi Muhammad

Jum'at, 25 Februari 2022 - 05:10 WIB
loading...
Keutamaan Jumat dan Hadiah Surga untuk Umat Nabi Muhammad
Salah satu keutamaan Jumat adalah hadiah Surga yang diberikan Allah untuk umat Nabi Muhammad SAW. Foto/dok Islami
A A A
Salah satu keistimewaan Jumat diceritakan oleh Syekh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah. Allah memberi hadiah surga untuk umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Al-Imam az-Zandusiti berkata bahwa ia pernah mendengar Abu Mansur berkata kalau Allah memberikan hari Sabtu kepada Nabi Musa, 50 Nabi dan 50 Rasul yang bersamanya. Dia memberikan hari Ahad kepada Nabi Isa, 50 Nabi dan 50 Rasul yang bersamanya. Allah memberi hari Senin kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan 63 Nabi dan 63 Rasul bersamanya.

Baca Juga: Sholat Jumat Seperti Ibadah Haji Empat Kali Sebulan

Karena sesungguhnya para Nabi berjumlah 124.000 dan para Rasul berjumlah 314. Yang paling utama adalah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan ditambah 13 Nabi dan 13 Rasul.

Allah memberikan hari Selasa kepada Nabi Sulaiman, 50 Nabi dan 50 Rosul yang bersamanya. Dia juga memberikan hari Rabu kepada Ya'qub, 50 Nabi dan 50 Rasul bersamanya. Allah memberikan hari Kamis kepada Nabi Adam dan 50 Rasul bersamanya.

Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada mereka semua. Masih tertinggal satu hari, yaitu hari Jumat. Rasulullah bertanya kepada Allah: "Wahai Tuhanku! Apa bagian umatku dari-Mu?' Allah menjawab: "Hai Muhammad! Hari Jumat dan Surga adalah milik-Ku. Aku memberikan Jumat dan surga untuk umatmu. Keridhoan-Ku bersama Jumat dan surga adalah hadiah bagi mereka."

AmalanHari Jumat
Beberapa amalan dan keutamaan Jumat disebutkan dalam Hadis Nabi. Beliau bersabda: "Sebaik-baik hari dimana matahari terbit disaat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat ini tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim)

"Hari Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah. Hari Jumat ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah. Dan pada hari Jumat terdapat lima peristiwa, yaitu diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari Jumat juga Adam diwafatkan, di hari Jumat terdapat waktu di mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram. Di hari Jumat pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang Malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari Jumat." (HR. Ahmad)

Nabi bersabda: "Perbanyaklah sholawat kepadaku setiap hari Jumat, karena sholawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari Jumat, maka barangsiapa yang paling banyak bersholawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku." (HR Al-Baihaqi)

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan diberikan cahaya baginya di antara dua Jumat." (HR Al Hakim dan Al-Baihaqi)

Dalam riwayat lain disebutkan orang yang membaca Al-Kahfi akan terhindar dari Fitnah Dajjal. Amalan lain yang dapat dilakukan adalah membersihkan anggota tubuh (mandi Jumat), memotong kuku, bulu ketiak dan bulu kemaluan, bersiwak, memakai pakaian terbaik, memamai parfum, bersegera sholat Jumat, memperbanyak berdoa dan bersedekah.

آللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّد

Baca Juga: Amalan Jumat Terakhir di Bulan Rajab dan Fadilahnya
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2119 seconds (11.210#12.26)