Malaikat yang Bertugas Menyampaikan Wahyu Bukan Hanya Jibril

Minggu, 27 Februari 2022 - 16:36 WIB
loading...
A A A
Jibril tidak hanya mengajarkan sholat secara praktis dan waktunya semata, tetapi juga mengajarkan cara berwudhu. Dalam Musnad Ahmad dan Mustadrak al-Hakim dari Zaid bin Haritsah bahwa Rasulullah SAW bersabda,:

“Jibril datang kepadaku pada awal turunnya wahyu kepadaku. Ia mengajariku cara berwudhu dan shalat. Setelah wudhu, ia ambil seciduk air lalu memercikkannya pada kemaluannya.”



Meruqyah Rasulullah
Imam Muslim dalam Shahih-nya dan at-Tirmidzi dalam Sunan-nya dan lain-lain dari Abu Sa'id, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Malaikat Jibril mendatangiku seraya bertanya: “Wahai Muhammad, apakah engkau sakit?" Aku menjawab: “Ya.' Jibril mengucapkan: “Bismillahi arqika min kulli syai'in yu 'dzika min syarri kulli dzi nafsin wa 'ainin hasid. Bismillahi arqika wa Allah yasyfika. (Dengan nama Allah aku merugyahmu dari segala sesuatu yang menyakitkanmu, dari keburukan segala sesuatu yang memiliki nyawa, dan mata yang hasud. Dengan nama Allah, aku merugyahmu dan Allah yang menyembuhkanmu.)” (HR Muslim dan at-Tirmidzi)

Beberapa di antara pekerjaan yang dilakukan oleh malaikat Jibril adalah berperang bersama Rasulullah SAW dalam Perang Badar dan Perang Khandag. Jibril juga menemani Rasulullah dalam perjalanan Isra Mi'raj dan lain-lain.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)