Jelang Ramadhan, Baznas Kenalkan Zakat Metaverse

Sabtu, 12 Maret 2022 - 13:32 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, Baznas Kenalkan Zakat Metaverse
Baznas mulai merambah dunia metaverse pada Ramadhan 2022, guna mendorong peningkatan zakat, infak, dan sedekah. FOTO/IST/BAZNAS
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) mulai merambah dunia metaverse pada Ramadhan 2022, guna mendorong peningkatan zakat, infak, dan sedekah. Melalui zakat metaverse , muzaki akan diajak menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di Baznas.

"BAZNAS selalu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, salah satunya dalam memanfaatkan teknologi baru, yakni dunia metaverse," kata Ketua Baznas Prof Noor Achmad dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (12/3/2022).

"Zakat metaverse yang diluncurkan jelang Ramadhan 2022 ini akan berguna untuk memberi layanan zakat seperti edukasi zakat atau kampanye gerakan zakat, serta konter zakat metaverse," kata Noor.



Pengembangan zakat metaverse mulai dikembangkan Baznas sejak Januari 2022. Langkah ini merupakan upaya lain dalam memanfaatkan dunia digital untuk mengampanyekan dan mendorong peningkatan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah.

"Sejak 2016, Baznas telah melakukan upaya digitalisasi yang terus dikembangkan menjadi transformasi digital secara menyeluruh dari semua proses kerja Baznas. Baznas selalu berusaha memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menebar kebaikan," kata Noor.

Baznas telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR).

Baca juga: Jusuf Kalla Imbau Wajib Zakat, Bayar Zakat Lebih Awal

Baznas juga memiliki sistem backbone yang disebut SIMBA, singkatan dari Sistem Informasi dan Manajemen Baznas. SIMBA merupakan sistem yang dikembangkan sejak 2012 dan berperan penting dalam pencatatan aktivitas pengelolaan zakat, infak, dan sedekah secara nasional.

Upaya digitalisasi yang dikembangkan Baznas membuahkan hasil dan meningkatkan pengumpulan zakat setiap tahunnya. Pengumpulan zakat melalui dompet digital atau online tercatat meningkat 26%-30% sepanjang pandemi Covid-19. Melalui zakat online Baznas, masyarakat bisa menunaikan zakatnya di mana pun tanpa harus keluar rumah.

"Pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat membuat Baznas menggenjot digitalisasi zakat. Alhamdulillah upaya ini membuahkan hasil peningkatan ZIS, berkat kemudahan dan sifat kedermawanan masyarakat untuk membantu sesama. Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung proses digitalisasi zakat Baznas," kata Noor.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)