Tarhib Ramadhan, Ini Perbedaan Sholat Tarawih dan Tahajud

Sabtu, 19 Maret 2022 - 19:42 WIB
loading...
Tarhib Ramadhan, Ini Perbedaan Sholat Tarawih dan Tahajud
Menurut jumhur ulama, sholat Tarawih berjamaah pada bulan Ramadhan hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan). Foto Masjidil Haram Mekkah/Ist
A A A
Sudah menjadi kebiasaan setiap memasuki bulan suci Ramadhan umat muslim menggelar Tarhib (menyambut Ramadhan) sebagai bentuk penyambutan atas datangnya tamu agung tersebut. Selain hati yang gembira, umat muslim perlu mengetahui ilmu berkaitan dengan amaliyah Ramadhan.

Berikut ulasan tentang perbedaan sholat Tarawih dan Tahajud pada bulan Ramadhan. Seperti diketahui, ibadah malam yang biasa dikerjakan berjamaah pada bulan Ramadhan adalah sholat Tarawih dan Witir. Walaupun sholat Tarawih dan sholat Tahajud sama sama disebut sebagai Qiyamullail, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Baca Juga: Salat Tarawih, 20 Atau 8 Rakaat? Ini Penjelasannya

Ustaz Muhammad Ajib dalam bukunya "33 Macam Jenis Shalat Sunnah" menguraikan 8 perbedaan antara sholat Tarawih dan sholat Tahajud.

Berikut 8 Perbedaannya:

1. Masa Pensyariatan
Sholat Tarawih belum disyariatkan ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masih di Mekkah. Selama di masa Mekkah tidak dikenal shalat tarawih, karena shalat tarawih baru ada nanti ketika Rasulullah di Madinah. Berbeda dengan tahajjud yang disyariatkan sejak awal mula masa kenabian. Ada yang mengatakan bahwa wahyu kedua yang turun sudah memerintahkan bangun malam dalam arti sholat Tahajud. Intinya, shalat Tahajud sudah dikenal dan disyariatkan sejak Rasulullah di Mekkah.

2. Berapa Kali Nabi Melakukannya
Jika kita perhatikan hadits-hadits yang shahih mengenai sholat tarawih, ternyata tarawih dilakukan oleh Nabi kurang lebih hanya tiga kali malam saja. Beliau shalat secara berjamaah di dalam Masjid Nabawi. Di hari kemudian beliau tidak datang ke masjid. Sehingga para shahabat pun otomatis juga meninggalkannya. Ternyata alasan Nabi ke masjid adalah karena beliau khawatir sholat tarawih itu kelak diwajibkan dan akan memberatkan umatnya. Maka sepanjang hidupnya pada tiap malam beliau selalu melakukan sholat tahajud . Tidak peduli apakah di dalam bulan Ramadhan atau pun di luar bulan Ramadhan.

3. Pengkhususan Bulan
Para ulama sepakat bahwa sholat Tarawih itu bukan sholat tahajjud. Hal utama yang membedakan tarawih dengan tahajjud adalah bahwa sholat tarawih ini hanya dilakukan di bulan Ramadhan saja. Adapun Tahajjud tidak hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi dikerjakan di bulan lainnya selain Ramadhan setiap malamnya.

4. Berjamaah Atau Tidak
Perbedaan penting antara sholat Tarawih dan Tahajud adalah bahwa selama tiga malam Rasulullah SAW dan para sahabat melakukannya, semua dilakukan dengan berjamaah yang jumlahnya amat banyak, bahkan hingga memenuhi Masjid Nabawi kala itu. Bahkan salah satu alasan kenapa sholat Tarawih saat itu dihentikan juga salah satunya karena jamaahnya semakin banyak. Sehingga Rasulullah khawatir bila hal itu dibiarkan terus menerus, akhirnya diwajibkan Allah.

Sedangkan sholat Tahajud, meski hukumnya boleh berjamaah, tetapi dalam kenyataannya Rasulullah lebih sering melakukannya sendirian, tidak mengajak orang-orang untuk ikut di belakang beliau. Kadang beliau mengerjakannya di dalam rumah (kamar Sayyidah Aisyah), kadang beliau lakukan di dalam masjid.

5. Sebelum Tidur Atau Sesudah Tidur
Sholat Tarawih yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat yang hanya tiga kali itu ternyata dilakukan sesudah shalat Isya' dan sebelum tidur malam. Mirip dengan yang semua orang lakukan di masa sekarang ini. Sedangkan Tahajud dilakukan oleh Rasulullah di akhir malam, setelah beliau bangun dari tidur. Tidak ada sholat tahajjud yang dilakukan pada awal malam sebelum tidur.

6. Jumlah Rakaat
Mayoritas ulama salaf mengatakan bahwa sholat Tarawih itu dilakukan sebanyak 20 rakaat dalam satu malam. Sebagaimana hal ini yang difatwakan oleh ulama 4 mazhab yang mengikuti sunnahnya para sahabat di masa khalifah Umar. Berbeda dengan sholat Tahajud. Para ulama mengatakan tahajjud itu hanya dilakukan 8 rakaat saja. Ada juga yang mengatakan tidak ada batasan makimal. Berapapun rakaatnya walaupun sampai 1000 rakaat pun boleh boleh saja.

7. Hukum Bagi Nabi
Para ulama telah berijma' (sepakat) bahwa sholat tarawih itu hukumnya sunnah. Baik untuk Nabi sendiri maupun juga untuk umatnya. Berbeda dengan shalat Tahajud. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalat Tahajjud itu hukumnya wajib untuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Namun sunnah untuk ummatnya. Wallahu A'lam.

8. Ada Istirahat Atau Tidak
Perbedaan selanjutnya adalah bahwa sholat tarawih banyak istirahatnya, sebagaimana nama yang disematkan kepadanya. Setiap selesai salam pasti ada jeda untuk istirahat sejenak Duduk istirahat di sela-sela rakaat tarawih itu menjadi amat mutlak diperlukan. Karena umumnya jumlah rakaatnya banyak dan bacaannya kadang panjang.

Lain halnya dengan sholat Tahajud yang umumnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melakukannya sendirian. Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa beliau sholat sampai bengkak kakinya, karena saking lamanya berdiri. Tidak ada riwayat yang menyebutkan bahwa beliau bersitirahat di sela-sela rakaat Tahajud.

Demikian perbedaan antara sholat Tarawih dan sholat Tahajud. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang dapat menghidupkan ibadah tersebut pada bulan Ramadhan.

Allahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)