Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui

Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
loading...
A A A
Mengamalkan sunnah nabi di kala berbuka juga bisa dilakukan dengan bersedekah. Pahala yang dijanjikan sangatlah besar untuk mereka yang memberi makanan berbuka. Rasulullah bersabda tentangnya,

“Barang siapa memberi makan seorang yang berpuasa, ia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahalanya.” (HR Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Sebaliknya, jika diundang orang lain untuk berbuka puasa, maka penuhilah undangan tersebut. Sebab, rumah seseorang yang mengundang berbuka puasa akan mendapat shalawat dari malaikat. Nabiyullah mengajarkan doa untuk orang yang mengundang makanan;

“Orang-orang yang baik telah makan makananmu dan para malaikat telah bershalawat kepadamu serta orang-orang yang berpuasa telah berbuka di rumahmu.” (HR Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, An Nasa`i, dan yang lainnya).

Doa lainnya juga diajarkan Rasulullah, “Ya Allah, berilah makan orang yang telah memberi makan kepadaku dan berilah minum orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR Muslim). “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah terhadap apa yang telah Engkau rezekikan kepada mereka.” (HR Muslim).


Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)