Lafaz Niat Puasa Sunnah Kamis dan Keutamaannya

Rabu, 17 Juni 2020 - 20:15 WIB
loading...
Lafaz Niat Puasa Sunnah Kamis dan Keutamaannya
Rasulullaah shallallahu alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Foto Ilustrasi/Ist
A A A
Tidak diragukan lagi ibadah puasa memiliki keutamaan besar di sisi Allah Ta'ala. Bahkan amalan yang satu ini mendapat gajaran khusus dan pahala berlipat.

Menurut kaidah fiqih, puasa sunnah dapat menutupi kekurangan yang ada pada puasa wajib. Puasa juga menjadi perisai dari gangguan setan dan amalan melepaskan diri dari siksa api neraka. ( )

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman (yang artinya): 'Kecuali amalan puasa . Amalan puasa adalah untuk-ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi". (HR Muslim No. 1151)

Keutamaan Puasa Sunnah Kamis
Besok bertepatan hari Kamis, 26 Syawal 1441 Hijriyah (18/6/2020). Puasa sunnah hari Kamis merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan besar. Berikut keutamaannya:

1. Beramal pada waktu utama yaitu ketika catatan amal dihadapkan kepada Allah Ta'ala.
2. Memberi kemaslahatan untuk badan dikarenakan ada waktu istirahat setiap pekannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ﺗُﻌْﺮَﺽُ ﺍﻷَﻋْﻤَﺎﻝُ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻻِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻭَﺍﻟْﺨَﻤِﻴﺲِ ﻓَﺄُﺣِﺐُّ ﺃَﻥْ ﻳُﻌْﺮَﺽَ ﻋَﻤَﻠِﻰ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﺻَﺎﺋِﻢٌ

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi No. 747. At-Tirmidzi, hadis ini hasan gharib).( )

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau mengatakan :

ﺇِﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺘَﺤَﺮَّﻯ ﺻِﻴَﺎﻡَ ﺍﻻِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻭَﺍﻟْﺨَﻤِﻴﺲِ

" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis". (HR An nasa'i No. 2360 dan Ibnu Majah No. 1739).

Lafaz Niat Puasa Sunnah Kamis
Cara mengerjakan puasa sunnah hari Kamis hampir sama dengan puasa di bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka. Mengenai niatnya cukup dalam hati, namun jika ingin melafazkannya sebagai penguat, maka tidak masalah.
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺨَﻤِﻴْﺲِ ﺳُﻨَّﺔً ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaitu Shauma Yaumal Khamiisi Sunnatan Llillahi Ta'ala.

Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala.

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah amalan yang kontiniu (terus menerus) walaupun itu sedikit". (HR Muslim No. 783)

Demikian bacaan niat dan keutamaan puasa sunnah Kamis. Semoga kita diberi taufik untuk bisa mengerjakan puasa sunnah hari Kamis secara terus menerus. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)