5 Amalan 10 Hari Pertama Ramadhan, Nomor 2 Ganjarannya Berlipat

loading...
5 Amalan 10 Hari Pertama Ramadhan, Nomor 2 Ganjarannya Berlipat
Suasana di Masjid Nabawi Madinah pada hari-hari pertama bulan Ramadhan. Foto/dok Channel Zubair Raiz
Hari ini Rabu (6/4/2022) kita memasuki hari ke-4 bulan Ramadhan 1443 Hijriyah atau hari ke-5 menurut perhitungan Hisab. Ada lima amalan yang dapat kita hidupkan pada 10 hari pertama Ramadhan ini.

Dalam satu Hadis disebutkan, keutamaan bulan Ramadhan terbagi dalam tiga fase, yaitu sepuluh hari pertama adalah curahan rahmat, sepuluh hari kedua adalah ampunan, dan sepuluh hari ketiganya adalah pembebasan dari api neraka.

Baca Juga: 5 Perkara yang Dapat Merusak Amalan Puasa Ramadhan

Berikut Hadisnya diriwayatkan Imam Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman dan Ibnu Khuzaimah.

أوله رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار

Artinya: "Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka."

Meskipun sebagian ulama mengatakan Hadis ini dhaif (lemah), namun boleh diamalkan untuk fadhail amal (keutamaan beramal). Apalagi hadis ini tidak terkait dengan hukum halal dan haram ataupun menyangkut akidah.

Berikut 5 amalan pada 10 hari pertama Ramadhan. Nomor dua termasuk amalan bernilai di sisi Allah dan siapa yang menghidupkannya akan meraih pahala berlipat.

1. Mengkhatamkan Al-Qur'an
Ramadhan dijuluki sebagai Syahrul Qur'an atau bulan diturunkannya Kitab suci Al-Qur'an. Allah berfirman dalam Al-Qur'an: "Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda)." (QS Al-Baqarah: ayat 185)

Pada 10 hari pertama Ramadhan hendaknya umat muslim mengkhatamkan Al-Qur'an. Keutamaan mengkhatam Al-Qur'an diterangkan dalam hadis Nabi: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan "Alif Lam Mim" satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR. Tirmidzi)

Dalam Hadis lain:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ

"Apabila dikhatamkan Al-Qur'an, maka turunlah rahmat Allah". (HR at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid)

Dalam hadits riwayat ad-Darimy, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu Malaikat yang mengaminkan doanya." (HR ad-Darimy)

Jika ingin mengkhatamkan Al-Qur'an pada 10 Hari pertama Ramadhan sebenarnya sangat mudah. Tidak perlu menghabiskan waktu untuk menyelesaikannya. Cukup istiqomah dan disiplin menjaga waktu. Al-Qur'an terdiri atas 30 juz, setiap juz terdiri dari 10 lembar (20 halaman).

Jika istiqomah sehari 3 juz sehari, maka dalam 10 hari kita akan khatam. Caranya, bacalah Al-Qur'an setelah sholat Subuh 12 halaman; setelah Zhuhur 12 halaman; setelah Ashar 12 halaman; setelah Maghrib 12 halaman dan setelah Isya 12 halaman. Jika bakda Maghrib waktunya singkat maka bisa diselesaikan setelah bakda Isya yang waktunya lebih lapang.

2. Bersedekah dan Menyantuni Fakir Miskin
Ramadhan dijuluki sebagai bulan berbagi. Orang yang mengeluarkan hartanya untuk bersedekah dan menyantuni fakir miskin di bulan Ramadhan akan meraih pahala berlipat yang tidak didapat di bulan lain. Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan Ramadhan." (HR. at-Tirmidzi)

Dari Ibnu Abbas berkata:

كان النبي صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل فيدارسه القرآن وكان جبريل عليه السلام يلقاه كل ليلة في رمضان حتى ينسلخ يعرض عليه النبي ﷺ القرآن فإذا لقيه جبريل عليه السلام كان أجود بالخير من الريح المرسلة

"Adalah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan dalam kebaikan dan sifat dermawannya semakin bertambah pada bulan Ramadhan tatkala malaikat Jibril menemui Beliau untuk mengajarkan Al-Qur'an. Jibril 'alaihissalam biasa mendatangi beliau setiap malam bulan Ramadhan hingga berakhirnya bulan tersebut. Pada setiap malam itu Nabi senantiasa memperdengarkan bacaan Al-Qur'an nya kepada Jibril. Apabila Jibril menjumpai beliau maka beliau sangat dermawan pada kebaikan melebihi angin yang berembus." (HR Al-Bukhari 1769 dan Muslim 4268)
halaman ke-1
preload video