Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar Lengkap Arab dan Latin

loading...
Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar Lengkap Arab dan Latin
Doa dan dzikir malam Lailatul Qadar dianjurkan dibaca setiap hari dengan harapan bertepatan dengan turunnya Lailatul Qadar di 10 hari terakhir Ramadhan ini. Foto/dok SINDOnews
Doa dan dzikir malam Lailatul Qadar dapat dibaca dari sekarang untuk menghidupkan 10 hari terakhir Ramadhan. Rasulullah SAW juga menganjurkan kita untuk sholat sunnah (Qiyam) pada malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar memiliki keistimewaan sangat besar sebagaimana dibadikan dalam Surat Al-Qadr :"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." Artinya, ibadah pada malam itu lebih baik dari ibadah 83 tahun lebih (1000 bulan).

Baca Juga: 11 Amalan yang Bisa Dilakukan Agar Bertemu Lailatul Qadar

Rasulullah SAW berpesan agar umat Muslim bersungguh-sungguh meraih Lailatul Qadar tersebut. Dalam satu hadis Beliau bersabda:"Carilah Lailatul Qadar itu dalam malam ganjil dari sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan." (HR Al-Bukhari)

Imam an-Nawawi dalam Al-Adzkar menyebutkan, Rasulullah SAW menganjurkan kau muslim memperbanyak d oa memohon ampun dan zikir berikut.

Doa Malam Lailatul Qadar
Doa ini langsung diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha pernah bertanya kepada Baginda Nabi. "Ya Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, doa apa yang aku perlu baca?

Rasulullah SAW berkata: ucapkanlah (doa berikut):

‎اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي


Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai kemaafan, maka maafkan aku." (HR at-Tirmidzi dan Ibu Majah)

Zikir Lailatul Qadar
Imam an-Nawawi juga menjelaskan amalan-amalan lainnya yaitu memperbanyak membaca Al-Qur'an, zikir dan doa-doa yang bermanfaat diri sendiri dan untuk umat Islam. Doa dan dzikir ini dianjurkan dibaca setiap hari selama Ramadhan, dengan harapan bertepatan dengan malam Lailatul Qadar.

أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلاَّ اللّه، أَسْتَغْفِر ُ اللّه، أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ


ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH, ASTAGFIRULLAH, AS ALUKA RIDHOKA WAL JANNAH, WA A'UDZUBIKA MIN SAKHATHIKA WANNAAR.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu."

Baca Juga: Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Berikut Prediksi Waktu dan Tandanya
(rhs)
preload video