Istighfar yang Sering Diamalkan Para Wali, Fadilahnya Masya Allah

loading...
Istighfar yang Sering Diamalkan Para Wali, Fadilahnya Masya Allah
Beristighfar untuk kaum mukmin dan mukminat sebanyak 27 kali termasuk sifat-sifat dan kebiasaan para Wali. Foto/ilsutrasi
Jangan pernah meninggalkan dzikir yang satu ini. Dzikir ini disebut sebagai istighfarnya para Wali. Kalimatnya singkat namun fadilahnya sangat besar.

Inilah kalimat istighfar yang sering dibaca para Waliyullah :

استغفر الله للمؤمنين والمؤمنات

Astaghfirullaaha Lil Mu'miniina wal-Mu'minaat.

Artinya: "Aku memohon ampunan Allah dan juga untuk kaum mukmin dan mukminat."

Baca Juga: 3 Wirid yang Selalu Diamalkan Para Wali

Fadilah (keutamaan):

من استغفر للمؤمنين والمؤمنات كل يوم سبعا وعشرين مرة كان من الذين يستجاب لهم ويرزق بهم اهل الارض

Dari Abu Darda', Nabi Muhammad SAW berkata: Manistaghfara lilmu'miniina wal-mu'minaati kulla yaumin sab'an wa 'isyriina marotan kaana minal-ladziina yustajaabu lahum wa yurzaqu bihim ahlul-ardhi.

Artinya: Barangsiapa membacakan istighfar untuk mukmin dan mukminat sebanyak dua puluh tujuh (27) kali di setiap hari, maka ia termasuk golongan mereka yang terkabul doanya dan mereka yang menjadi jaminan rezeki Allah dari para penghuni bumi. (HR. Ath-Thabarani)

Dalam riwayat lain diterangkan:

من استغفر للمؤمنين والمؤمنات كتب الله له بكل مؤمن و مؤمنة حسنة

Dari Ubadah bin Smamit, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa membacakan istighfar untuk mukmin dan mukminat, maka Allah mencatat satu kebajikan untuknya pada setiap seorang mukmin dan mukminat." (HR Ath- Thabarani)

Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam kitabnya An-Nashaih Ad-Diniyah mengatakan, beristighfar untuk mukmin dan mukminat sebanyak 27 kali termasuk sifat-sifat dan kebiasaan para Wali.

Kalimat istighfar ini dibaca 27 kali seusai sholat. Mudah-mudahan Allah mencurahkan rahmat-Nya bagi yang istiqamah mengamalkannya.

Baca Juga: Dzikir Pendek Penghapus Dosa dan Dijauhkan dari Bencana
(rhs)
preload video