Keberkahan Nasi dan Anjuran Bersholawat Sebelum Makan

Kamis, 12 Mei 2022 - 05:07 WIB
loading...
Keberkahan Nasi dan Anjuran Bersholawat Sebelum Makan
Agar nasi menjadi berkah hendaknya umat muslim membaca sholawat atas Nabi sebelum makan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nasi adalah beras yang sudah direbus (ditanak) dan menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk energi.

Disebutkan bahwa nasi memiliki keberkahan dan keistimewaan. Makanan bertekstur lembut ini bentuknya kecil dan warnanya putih. Nasi bisa menjadi obat apabila sebelum memakannya dibacakan sholawat atas Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.


Syaikh Ahmad dalam Kitab Sittina Mas'alah menerangkan:

*ويسنّ الاكثار عنداكله من الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم لانّه كان جوهرا في الجنّة أودع اللّه فيه نور محمّد صلى اللّه عليه وسلّم فلما خرج منه النور المحمّدى تفتّت فخلق منه الارز

"Dianjurkan memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW ketika makan nasi. Karena nasi itu adalah mutiara surga. Di dalamnya Allah meletakkan Nur Nabi Muhammad. Ketika nur Nabi muhammad SAW keluar maka mutiara itu pecah berkeping-keping dan Allah menciptakan nasi dari mutiara surga."

Hal senada juga disebutkan dalam Kitab Hasyiah Al-Bajuri oleh Syaikh Ali bin Qosim Al-Bajuri.

ﻭﺗﺴﻦّ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠّﻢ ﻋﻨﺪ ﺍﻛﻠﻪ ﻻﻧّﻪ ﺧﻠﻖ ﻣﻦ ﻧﻮﺭﻩ ﻓﺎﻥ ﻗﻴﻞ ﺍﻥ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ ﻛﻠﻬﺎ ﺧﻠﻘﺖ ﻣﻦ ﻧﻮﺭﻩ ﺍﺟﻴﺐ ﺑﺎﻧﻪ ﺧﻠﻖ ﻣﻦ ﻧﻮﺭﻩ ﺑﻼﻭﺍﺳﻄﺔ ﻭﻛﻞ ﺍﻻﺷﻴﺎﺀ ﺍﻟﺘﻰ ﺗﻨﺒﺖ ﻣﻦ ﺍﻻﺭﺽ ﻓﻴﻬﺎ ﺩﺍﺀ ﻭﺩﻭﺍﺀ ﺍﻻ ﺍﻟﺮﺯ ﻓﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺩﻭﺍﺀ ﻭﻻ ﺩﺍﺀ ﻓﻴﻪ

Artinya: "Disunnahkan membaca shalawat kepada Nabi ketika makan nasi karena ia diciptakan dari nur Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Jika dipertanyakan bahwa sesungguhnya setiap sesuatu itu dijadikan dari Nur Nabi, maka dijawab: bahwa sesungguhnya nasi itu dijadikan dari Nur Nabi tanpa perantara. Dan setiap sesuatu yang tumbuh dari bumi ada obat dan ada penyakit, kecuali nasi, karena sesungguhnya di dalam nasi itu ada obat dan tidak ada penyakit di dalamnya."

Dalam perspektif syariat, sebelum makan dianjurkan untuk berdoa atau membaca kalimat basmalah. Dalam satu hadis disebutkan, orang yang tidak membaca basmalah ketika makan, maka setan akan ikut bergabung sehingga makanan tersebut menjadi tidak berkah.

Agar nasi yang kita makan menjadi berkah hendaknya kaum muslimin membaca basmalah dan bersholawat kepada Baginda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Allahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3181 seconds (0.1#10.140)