Arti dan Cara Menjawab Kalimat Fii Amanillah

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:08 WIB
loading...
Arti dan Cara Menjawab Kalimat Fii Amanillah
Kalimat Fii Amaanillah memiliki arti semoga engkau dalam perlindungan Allah. Kalimat ini diucapkan ketika seorang muslim hendak bepergian. Foto/dok learniseasy
A A A
Sebagian muslim mungkin sudah mengetahui makna dari kalimat Fii Amaanillah. Dalam Islam, sesama muslim dianjurkan untuk saling berdoa dan mengucapkan kalimat yang mengandung kebaikan. Salah satunya mengucapkan kalimat "Fii Amaanillah."

Kalimat في امان الله atau Fii Amaanillah memiliki arti "Semoga engkau dalam perlindungan Allah subhanahu wa Ta'ala". Umumnya, kalimat ini diucapkan seorang muslim ketika hendak bepergian.

Merujuk dari artinya, kalimat ini mungkin sama seperti 'Hati-Hati di Jalan' 'See You' dan lainnya dalam bahasa umum. Namun, kalimat "Fii Amaanilah" mengandung doa dan tawakkal bagi orang yang hendak bepergian. Doa ini dipanjatkan dengan harapan agar seorang muslim tersebut dilindungi oleh Allah selama perjalanan yang dilakukan.

Cara Mengucapkannya
Akan tetapi, dalam pengucapan Fii Amaanillah, seorang muslim harus mengerti dan paham cara melafalkannya dengan benar. Karena bisa saja artinya berubah saat membacanya dengan lafal yang kurang tepat. Kata "Fii" diucapkan panjang.

Kemudian kalimat Amaanillah (امان الله) haru memanjangkan kata "Amaan" yang artinya keselamatan dan kemanan. Jadi cara membacanya: "Fii Amaanillaah".

Fii Amanillah juga bisa digunakan untuk hal lain. Termasuk mendoakan keselamatan muslim yang sedang terkena musibah, menutup pembicaraan, hingga doa untuk seorang muslim yang tengah ditimpa banyak masalah hidup. Maknanya akan tetap relevan, yaitu semoga engkau dalam lindungan dan penjagaan Allah.

Cara Menjawab
Lantas, bagaimanakah cara menjawab seorang muslim yang mengucapkan "Fii Amaanillah" kepada kita?

Dalam Islam, seorang muslim dianjurkan memberikan balasan kepada orang yang memberi penghormatan.

وَاِذَا حُيِّيۡتُمۡ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوۡا بِاَحۡسَنَ مِنۡهَاۤ اَوۡ رُدُّوۡهَا‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ حَسِيۡبًا

Artinya: "Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu." (Surat An-Nisa ayat 86)

Sebagai contoh, saat seorang mengucapkan Assalamu'alaikum, maka muslim lain akan menjawabnya dengan Wa 'alaikumussalam. Sama halnya dengan kalimat "Fii Amaanillah" ini juga memiliki kalimat balasan.

Kita bisa menjawabnya dengan kalimat Ma'assalaamah. Artinya semoga keselamatan selalu menyertaimu.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)