Ayat Pilihan, Al-Qur'an Menjadi Obat Bagi Orang Beriman

Jum'at, 20 Mei 2022 - 21:55 WIB
loading...
Ayat Pilihan, Al-Quran Menjadi Obat Bagi Orang Beriman
Al-Quran dapat melenyapkan berbagai penyakit hati, antara lain keraguan, kemunafikan, kemusyrikan, penyimpangan, kebathilan dan lainnya. Foro/Ist
A A A
Al-Qur'an tidak hanya sebagai petunjuk bagi umat manusia, tetapi juga menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang beriman. Adapun bagi orang zalim, Al-Qur'an hanya menambah kerugian baginya.

Hal ini diterangkan secara jelas dalam firman-Nya berikut:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الۡـقُرۡاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۙ وَلَا يَزِيۡدُ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا خَسَارًا‏

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian." (QS Al-Isra Ayat 82)

Apa sebenarnya maksud kalimat شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ (obat dan rahmat)? Dalam Tafsir Ibnu Katsir diterangkan, Al-Qur'an itu penawar (Asy-Syifa) bagi orang-orang mukmin, maksudnya dapat melenyapkan berbagai penyakit hati, antara lain keraguan, kemunafikan, kemusyrikan, dan menyimpang dari perkara yang hak serta cenderung kepada hal yang batil. Al-Qur'an pun merupakan rahmat ba­gi mereka, karena dengan Al-Qur'an dapat mempertebal keimanan, hikmah dan kebaikan serta akan menam­bah kecintaan kepadanya.

Hal seperti ini tidaklah dapat diperoleh kecuali oleh orang yang beriman kepada Al-Qur'an, membenarkannya, dan mengikuti petunjuknya. Maka Al-Qur'an akan menjadi penyembuh dan rahmat baginya. Adapun bagi orang kafir, yaitu orang yang menganiaya dirinya sendiri dengan kekafirannya, tiadalah mendengarkan Al-Qur'an menambahkan kepadanya melainkan hanya kekufuran serta bencana akibat kekafirannya, bukan karena Al-Qur'annya.

Dalam tafsir Kementerian Agama dijelaskan, Allah menurunkan Al-Qur'an untuk membebaskan kaum muslimin dari kebodohan sehingga mereka menjadi bangsa yang menguasai dunia pada masa kekhalifahan Umayyah dan Abbasiyah.

Kemudian mereka kembali menjadi umat yang terbelakang karena mengabaikan ajaran-ajaran Al-Qur'an. Dahulu mereka menjadi umat yang disegani, tetapi kemudian menjadi pion-pion yang dijadikan umpan oleh musuh dalam percaturan dunia. Karena mereka dulu melaksanakan ajaran Al-Qur'an, negeri mereka menjadi pusat dunia ilmu pengetahuan, perdagangan dunia, dan sebagainya, serta pernah hidup makmur dan bahagia.

Ayat ini memperingatkan kaum Muslimin bahwa mereka akan dapat memegang peranan kembali di dunia, jika mau mengikuti Al-Qur'an dan berpegang teguh pada ajarannya dalam semua bidang kehidupan.

Sebaliknya jika mereka tidak mau melaksanakan ajaran Al-Qur'an dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan menjadikan musuh-musuh mereka sebagai penguasa atas diri mereka, sehingga menjadi orang asing atau budak di negeri sendiri.

Cukup pahit pengalaman kaum Muslimin akibat mengabaikan ajaran Al-Qur'an. Al-Qur'an menyuruh mereka bersatu dan bermusyawarah, tetapi mereka berpecah belah karena masalah-masalah khilafiyah yang kecil dan remeh, sedangkan masalah-masalah penting dan besar diabaikan.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3330 seconds (0.1#10.140)