Ini Jadwal Masuk Raudhah bagi Jamaah Haji Indonesia

Selasa, 07 Juni 2022 - 15:30 WIB
loading...
Ini Jadwal Masuk Raudhah bagi Jamaah Haji Indonesia
Pemerintah Arab Saudi memberlakukan ketentuan baru bagi jamaah haji untuk masuk ke Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah. FOTO/Twitter/@wmngovsa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi memberlakukan ketentuan baru bagi jamaah haji untuk masuk ke Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah. Berdasarkan surat yang diterbitkan Muassasah Adilla, masuk ke Raudhah harus sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam mengatakan, jadwal masuk Raudhah harus berdasar jadwal yang ditetapkan dalam e-haj. "Jadwal itu kita input dalam e-haj, aplikasi yang dikembangkan oleh Saudi," kata Nasrullah Jasam di Jeddah, Selasa (7/6/2022).

Menurut Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi ini, kolom usulan jadwal masuk Raudhah sudah tersedia di e-haj. Penjadwalan tersebut awalnya dilakukan Muassasah Adilla, dan sekarang dilakukan oleh PPIH.



Kepala Daker Madinah Amin Handoyo menambahkan bahwa jadwal jamaah laki-laki dan perempuan berbeda. Untuk jamaah perempuan, jadwal masuk Raudhah dari jam 7 sampai 8 pagi. Mereka masuk ke Raudhah melalui gerbang nomor 24 atau pintu Usman bin Affan.

"Untuk jamaah laki-laki, jadwalnya jam 13-14 waktu Arab Saudi dari gerbang 37 atau pintu Bilal Bin Rabah," katanya.

Saat akan masuk ke Raudhah, lanjut Amin, jamaah menunjukkan tasrih (surat izin) yang berisi daftar nama yang telah diinput dalam e-haj. Surat tasrih itu akan dibagikan ke jamaah melalui Kasektor, Ketua Kloter, Ketua Rombongan, dan Ketua Regu.

Baca juga: Kemenkes: 22 Calon Jamaah Haji 2022 Terkonfirmasi Positif Covid-19

Surat tasrih itu berisi keterangan tentang jumlah jemaah, waktu (tanggal dan jam), nomor pintu masuk, nomor gerbang masuk, serta daftar nama dan nomor paspor jamaah.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)