Keutamaan Surat Al Kahfi di Hari Jumat dan Cara Khatam Dalam Satu Hari

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:20 WIB
loading...
A A A
Dengan membaca Al-Kahfi, akan mendapatkan ampunan dari Allah atas segala dosa yang pernah kita perbuat. Setiap manusia pasti memiliki dosa, karena setan akan terus berusaha merusak iman manusia dan mengajak manusia kejalan yang sesat. Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasullulah SAW bersabda,

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

5. Dijauhkan dari godaan setan

Setan akan terus berusaha merusak iman manusia dan mengajak manusia kejalan yang sesat, maka dari itu setan merupakan musuh terbesar manusia dalam melakukan perbuatan baik bahkan dalam beribadah.

Sebuah hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.



6. Mendapatkan cahaya kebaikan

Seorang muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat atau hari yang lain, akan diberikan pahala serta disinari cahaya kebaikan dan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan sama seperti keutamaan Ar Rahman.

Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT pada hari kiamat dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat AL Hadid ayat 12 :

يَوۡمَ تَرَى الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتِ يَسۡعٰى نُوۡرُهُمۡ بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَبِاَيۡمَانِهِمۡ بُشۡرٰٮكُمُ الۡيَوۡمَ جَنّٰتٌ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَا‌ؕ ذٰلِكَ هُوَ الۡفَوۡزُ الۡعَظِيۡمُ‌ۚ‏


Yauma taral-mu'miniina wal-mu'minaati yas'aa nuruhum baina aidiihim wa bi'aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-'aziim

Artinya: "(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): "Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar."

Cara Khatam Baca Al-Kahfi Dalam Sehari

Al Kahfi terdiri dari 110 ayat. Untuk beberapa orang, pasti menganggap ayat tersebut terlalu banyak dan kadang susah untuk membacanya sampai selesai hanya dalam waktu sehari.

Berikut cara membaca Al-Kahfi agar terasa mudah:

1. Dibaca selepas magrib pada kamis malam/malam Jumat dimulai dari ayat 1-31. Pada ayat-ayat ini menceritakan Kisah Ashabul Kahfi.
2. Dibaca selepas isya pada malam kamis/malam Jumat dari ayat 32-59. Ayat-ayat ini menceritakan tentang Kisah 2 Pemilik Kebun.
3. Dibaca selepas subuh hari Jumat mulai dari ayat 60-83, ayat-ayat ini menceritakan Kisah Nabi Musa dan Khidir.
4. Dibaca selepas dzuhur mulai dari ayat 84-110, ayat-ayat ini menceritakan tentang Zulkarnain dan Yakjuj Makjuj.


Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)