3 Amalan Sunnah Bulan Dzulqa'dah, Nomor Terakhir Bagi yang Mampu

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:41 WIB
loading...
3 Amalan Sunnah Bulan Dzulqadah, Nomor Terakhir Bagi yang Mampu
Ada 3 amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan di bulan Dzulqadah, yakni memperbanyak amal kebaikan, puasa sunnah dan melaksanakan umrah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bulan Dzulqa'dah termasuk dalam salah satu bulan yang memiliki kemuliaan di sisi Allah dengan julukan Asyhurul haram (bulan haram). Karena bulan istimewa seyogianya bulan ini diisi dengan kebajikan. Ada beberapa amalan sunnah di bulan Dzulqa’dah yang bisa mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa ta'ala, dan hendaknya bisa kita amalkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut amalan-amalan sunnah bulan Dzulqa'dah yang istimewa ini, yakni :

1. Memperbanyak amal kebaikan/kebajikan

Kemuliaan bulan Dzulqa’dah tergambar jelas dalam QS At Taubah ayat 36. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ


“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (QS at-Taubah: 36).


Dalam Tafsir Jalalain, dijelaskan bahwa yang dimaksud bulan-bulan haram tersebut atau bulan yang disucikan, yaitu Dzulqa'dah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

Imam Ibnu Katsir dalam Ibnu Katsir dalam kitab 'Tafsir Al-Qur’an al-‘Adhim', menjelaskan bahwa di bulan-bulan haram, terdapat pelbagai larangan yang harus dijauhi dan ditinggal kaum muslimin. Berperang termasuk perkara yang terlarang. Demikian juga melakukan pelbagai kemaksiatan. Di samping, amalan yang dilakukan di bulan tersebut berlipat ganda pahalanya. Namun, di sisi lain, segala dosa dan bentuk kemaksiatan lain yang sengaja dilakukan di Dzulqa’dah juga akan berlipat ganda dosanya.

Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Al-Qur’an al Adhim menjelaskan hal itu sebagai berikut;

ثُمَّ اخْتَصَّ مِنْ ذَلِكَ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ فَجَعَلَهُنَّ حَرَامًا، وعَظم حُرُماتهن، وَجَعَلَ الذَّنْبَ فِيهِنَّ أَعْظَمَ، وَالْعَمَلَ الصَّالِحَ وَالْأَجْرَ أَعْظَمَ


Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa disamping melipatgandakan perbuatan baik.

2. Puasa sunnah

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa selepas puasa Ramadhan, maka puasa di bulan haram, adalah puasa yang terbaik.

أفضل الشهور للصوم بعد رمضان الأشهر الحرم. وأفضلها المحرم، ثم رجب، ثم الحجة، ثم القعدة، ثم شهر شعبان


Artinya; Bulan paling utama untuk melakukan puasa setelah bulan Ramadhan adalah bulan-bulan yang dimuliakan. Paling utamanya bula-bulan haram untuk melakukan puasa adalah bulan Muharram, kemudian Rajab, Zulhijjah, Dzulqa‘dah, dan terakhir bulan Sya’ban.

Dalam kitab I’anah ath Thalibin, dijelaskan bahwa puasa di bulan haram (Dzulqa’dah), termasuk puasa sunnah yang dianjurkan setelah puasa Ramadhan. Terdapat keutamaan besar bagi orang yang melaksanakan ibadah. Abu Bakar Ad Dimyati berkata;

أَفْضَلُ الشُّهُوْرِ لِلصَّوْمِ بَعْدَ رَمَضَانَ الْأَشْهُرُ الْحُرُمُ وَأَفْضَلُهَا الْمُحَرَّمُ، ثُمَّ رَجَبَ ثُمَّ الْحِجَّةُ ثُمَّ الْقَعْدَةُ


“Bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah bulan Ramadhan adalah Al-Asyhur al-Ḥurum. Dan, yang paling utama dari keempatnya adalah bulan Muharram, Rajab, Dzulhijah, kemudian Dzulqa’dah.

3. Umrah

Amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Dzulqa’dah adalah melaksanakan umrah. Saat masih hidup, Nabi Muhammad pada Dzulqa’dah selalu melazimi melaksanakan ibadah umrah. Inilah salah satu ibadah yang selalu dilaksanakan Rasulullah.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)